Perasan jeruk lemon dikenal kaya akan vitamin C dan serat. Tidak hanya kandungannya saja yang baik untuk tubuh, lemon juga memiliki rasa dan aroma yang wangi. Namun ternyata masih banyak manyak manfaat jeruk lemon yang jarang diketahui orang. Mau tau apa saja? Berikut beberapa manfaat lemon:

 

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Credit: Jawa Pos

Tidak hanya vitamin C yang dianggap baik untuk jantung. Senyawa serat yang terkandung dalam lemon juga dapat secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Salah satu studi menemukan bahwa mengkonsumsi serat dari lemon dapat mengurangi kadar kolesterol darahs secara signifikan setelah 4 minggu.

 

2. Mengontrol Berat Badan

Credit: Kumparan

Sebagian orang percaya bahwa lemon merupakan salah satu minuman yang dapat menurunkan berat badan. Serat pektin atau zat bermolekul berat yang terdapat di dalam lemon, akan larut dan mengembang di perut. Karena itu lemon membantu membuat kenyang lebih lama.

Kemudian, sebagian orang mengklaim bahwa minum air hangat dengan lemon akan membantu menurunkan berat badan.

 

3. Mencegah Timbulnya Batu Ginjal

Credit: Cosmopolitan

Setengah cangkir jus lemon per hari dapat memberikan asam sitrat yang cukup untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa lemon efektif mencegah batu ginjal.

 

4. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon, seperti limonene dan naringenin, dapat memiliki efek anti kanker.

 

5. Detox Tubuh

 

Cerdit: Top Media

Minum air lemon yang dicampur mdau setiap pagi saat perut dalam keadaan kosong dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi, sebelum proses tubuh lainnya bekerja. Kamu bisa melakukan hal ini secara rutin, dan manfaatnya dalam dirasakan dalam jangka panjang. 

 

6. Cerahkan Muka

Credit: IDN Times

Selain untuk kesehatan, jeruk lemon juga dapat mencerahkan kulit. Kandungan Vitamin C dalam lemon dapat mengangkat sel- sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dan ditambah 2 sendok teh madu, kemudian aplikasikan ke kulit wajah kamu, dan diamkan selama 15 menit. Agar hasilnya lebih terlihat, kamu bisa melakukan hal ini 1 kali seminggu.

 

Featured Image - IDN Times