Sebagai pengusaha pemula, kamu dituntut menjadi seorang yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan bisnis tersebut. Selain itu, kamu juga harus berani mengambil risiko agar mampu bersaing dalam dunia bisnis.

Nah, untuk kamu yang baru akan memulai bisnismu di tahun 2020, berikut ini ide bisnis rumahan unik, kreatif, dan inovatif yang cocok untuk kamu jalani di tahun ini. Simak ulasannya!

1. Makanan Sehat – Cold Pressed Juice atau Makanan Diet

Credit: grocerydelivery.asia

Beda dengan jus biasa, cold- pressed juice mengandung sari buah murni dari buah utuh yang diproses menggunakan slow juicer sehingga nutrisi, vitamin, dan mineral dalam buah tetap terjaga.

Selain membuka bisnis cold- pressed juice kamu juga bisa membuka bisnis makanan diet. Para pelaku diet sehat semakin banyak dan seringkali mereka sulit untuk menyiapkan makanan diet sendiri. Coba ciptakan makanan baru dan beda dengan mengutamakan rasa yang enak serta sehat sesuai dengan standar gizi.

2. Tempat Nongkrong atau Coworking Space

Credit: go-work.com

Sekarang ini, hampir semua orang menghabiskan waktu luangnya untuk hangout. Hal ini bisa jadi peluang bisnis kamu. Kamu bisa membuka bisnis kafe. Yang terpenting adalah konsepnya, menyediakan WiFi, serta menyediakan sajian makanan dan minuman lezat dengan harga ramah di kantong. Selain itu, sediakan tempat yang memiliki lingkungan kerja kondusif serta nyaman.

3. Food Truck

Credit: pawoon.com

Bisnis food truck sudah mulai menjamur sejak tahun 2013 lalu. Konsep yang unik merupakan hal positif yang memberikan pengalaman kuliner baru bagi masyarakat. Selain itu, respon konsumen terhadap food truck ini juga baik.

Kalau kamu berniat untuk membuka bisnis food truck, lakukan spesialisasi makanan dengan cita rasa berbeda sehingga orang- orang rela menunggu dan antre demi mencicipi makanan kamu.

4. Produk Kreatif – Hiasan Kayu dan Kertas

Credit: kemalahomeliving.com

Lukisan di atas kayu sangat diminati, khususnya Teknik tipografi yang biasanya diminati untuk dijadikan souvernir pernikahan, seperti mug atau gelas dan yang lainnya. Selain itu, kamu bisa memilih ide bisnis home living products yang berbeda, agar produkmu bisa bersaing dan memilki banyak peminat.

Tentukan tema tertentu seperti vintage, bohemian, industrial, makrame, dan lain sebagainya. Kemudian, cari bahan baku yang mudah diolah dan lakukan riset produk kreatif yang diminati masyarakat.

5. Laundry

Credit: finance.detik.com

Peluang usaha laundry bisa dibilang cerah dan menjanjikan. Dengan bermodalkan sedikit uang dan lahan, kamu sudah bisa memulai bisnis tersebut. Ditambah lagi, bisnis laundry tidak mudah mati, karena setiap hari orang membutuhkan pakaiannya untuk dicuci. Carilah lokasi usaha yang strategis yang dihuni banyak mahasiswa atau pasangan yang bekerja.

 

Dengan langkah yang tepat, kamu dapat meminimalisasi risiko dan mencapai kebabasan finansial dengan membuka bisnis. Yang paling penting jangan takut untuk memulai usaha atau bisnis, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - tatacliq.com