Bagi sebagian besar orang, buah leci mungkin sudah tidak asing lagi. Buah yang tumbuh di negara beriklim tropis ini, memang terkenal dengan rasa manis dan menyegarkan. Buah ini juga sering ditemui di berbagai olahan menu dan produk makanan. Mulai dari minuman hingga dessert.

Selain enak dan menyegarkan, buah leci juga memiliki segudang manfaat terutama untuk kesehatan tubuh lho! Seperti:

 

1. Mendukung fungsi tubuh dan meningkatkan sistem imun

 

Credit: National Geographic Indonesia

Buah leci mengandung banyak vitamin C dan berbagai jenis vitamin B, seperti niacin, riboflavin, dan tiamin. Selain itu, buah leci juga dilengkapi dengan asam folat, kalium, dan tembaga.

Kandungan vitamin C dari buah leci bermanfaat untuk sistem imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, vitamin B dapat menjaga fungsi saraf, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung serta otak.

 

2. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Credit:Jawa Pos

Mineral memang dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, fungsi tubuh juga bisa bermasalah. Salah satu jenis mineral yang sering kali melebihi kadar normal adalah natrium, yang banyak ditemukan pada makanan asin.

Terlalu banyak makan makanan asin bisa meningkatkan tekanan darah, menyebabkan hipertensi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.  Salah satu cara untuk mencegah terkena penyakit tersebut yaitu dengan mengonsumsi buah leci. Kandungan kalium pada buah leci membantu mengurangi kadar natrium yang tinggi sehingga baik untuk jantung.

 

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Credit:Tribun News

Sayur dan buah memiliki banyak serat, termasuk buah leci. Serat dari buah leci dapat menyerap air sehingga membuat buang air menjadi lebih mudah. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari sembelit karena feses lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

 

4. Menjaga kadar gula darah dan cocok untuk diet

Credit: Jawa Pos

Serat pada buah leci memiliki manfaat untuk memperlambat proses penyerapan glukosa di usus. Melambatnya proses penyerapan ini membuat kadar gula dalam darah tidak akan melonjak tinggi. Oleh karena alasan itu, buah leci baik dikonsumsi terutama untuk penderita diabetes.

Selain itu, buah ini juga cocok untuk ditambahkan sebagai menu harian. Proses pencernaan serat yang cukup lama di usus, membuatkamu kenyang lebih lama, dan dengan begitu kamu bisa menghindari terlalu banyak ngemil.

 

5. Berpotensi mencegah berbagai penyakit kronis

Credit: Jawa Pos

Selain serat, mineral, dan vitamin, buah leci juga kaya akan antioksidan. Berbagai antioksidan yang terkandung pada bagian buah, kulit, dan kulit leci ini, antara lain epicatechin, rutin, dan oligonol. Antioksidan dari buah leci dapat mencegah penyakit jantung, penyakit hati, kanker, dan diabetes.

 

 

Featured Image - Tribun News