Makanan dengan bahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe merupakan salah satu makanan yang paling mudah ditemui, terutama di Indonesia. Tahu atau sering disebut dengan tofu di luar negeri ini dan tempe, dibuat dengan menggunakan sari kedelai yang dimasak dan memiliki rasa yang nikmat. 

Selain rasa yang nikmat dan harga yang terjangkau, bahan makanan ini juga mengandung protein serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, tahu dan tempe termasuk dalam jajaran bahan makanan yang paling sehat di dunia.

Credit: Indo Berita

Secara alami, tahu dan tempe merupakan makanan yang bebas gluten dan rendah kalori, tidak mengandung kolesterol dan merupakan sumber yang sangat baik dalam hal protein, zat besi, dan kalsium. Bagi kamu yang vegetarian pasti tidak akan melewatkan sumber protein nabati yang sangat sehat.

 

Setengah kotak dari tahu yang biasa kamu beli di pasar itu mampu memenuhi 44% dari kebutuhan kalsium harian, 9% kebutuhan magnesium, dan 40% kebutuhan besi dan juga mengandung sejumlah kecil vitamin K, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, kolin, fosfor, mangan dan selenium.

 

Sebuah penelitan membuktikan bahwa tahu dan tempe merupakan makanan yang rendah kolesterol. Protein kedelai yang terkandung dalam tahu dan tempe juga mampu menurunkan kolesterol jahat hingga empat persen pada tubuh orang dewasa. Kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh manusia, nantinya dapat menggangu kesehatan jantung.

 

Selain itu, ketika kamu mengganti daging yang tinggi lemak dan kolesterol dengan menu yang mengandung protein kedelai, maka nantinya penurunan kolesterol akan lebih banyak lagi.

 

Credit: Merdeka

Rajin mengonsumsi tahu dan tempe juga mampu mengurangi risiko obesitas dan kematian, diabetes, dan menutrisi kulit dan rambut. Selain itu, tahu dan tempe dapat menurunkan risiko terserang penyakit kanker, salah satunya kanker payudara dan kanker prostat.

Untuk merasakan manfaat dari tahu dan tempe sendiri, sebaiknya kamu mengonsumsi tahu dan tempe paling tidak 2 kali dalam seminggu. Agar nutrisi dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Featured Image - Suara