Anda sebaiknya tidak menyepelekan aktivitas jalan kaki. Aktivitas ini bisa Anda jadikan rutinitas sehari-hari. Bila selama ini Anda tidak sempat untuk berolahraga, jalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan di akhir pekan. Bagi Anda yang tidak memiliki peralatan olahraga atau tempat berolahraga yang mumpuni sekalipun, jalan kaki tetap bisa dijadikan pilihan olahraga yang tepat.

Jalan kaki memiliki beberapa kelebihan dibandingan dengan olahraga lainnya, yaitu:

1. Efisien

Hanya dengan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari, Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, dan tekanan darah Anda. Selain itu, jalan kaki juga menjadi cara yang efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Sederhana

Yang Anda butuhkan hanyalah sepatu olahraga yang nyaman. Selain itu Anda juga tidak perlu mempelajari gerakan yang rumit. Jalan kaki juga dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun.

3. Mudah

Ada banyak cara atau kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan berjalan kaki. Di antaranya adalah saat pergi makan siang, saat menuju kantor, berjalan-jalan ke taman dengan keluarga, atau berjalan-jalan dengan binatang peliharaan. Pilihlah aktivitas jalan kaki yang paling Anda sukai.

4. Bisa disesuaikan

Dengan mengubah waktu, jarak, kecepatan, dan rute, Anda dapat menciptakan program jalan kaki yang sesuai dengan kemampuan Anda. Cobalah untuk berjalan kaki di tempat-tempat favorit Anda, agar aktivitas ini bisa menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.