Salah satu tantangan besar saat harus bekerja dari rumah saja atau work from home adalah tenggat waktu yang sudah ditentukan. Deadline jadi hal yang mesti kamu hindari agar hasil pekerjaan kamu bisa dikumpulkan tepat waktu.

Tapi halangan untuk menuju deadline tentu ada saja. Mulai dari rasa malas yang besar, sampai serial Netflix yang mesti kamu selesaikan terlebih dahulu. Eits, jangan begitu ya! Kalau sudah jadi tanggung jawab, harusnya kamu tahu mana yang diprioritaskan.

 

credit: tribunnews.com

Oleh karena itu, ada beberapa cara atau tips agar kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa mesti diburu-buru oleh deadline. Apa saja tips-tips yang dimaksud? Sila simak bahasan di bawah ini sampai habis ya!

 

Stop Untuk Malas!

Tips pertama yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari deadline adalah mengatakan tidak untuk rasa malas. Rasa ini rentan timbul saat pagi hari kamu bangun, kalau kamu tidak buru-buru melakukan aktivitas lanjutannya, seperti mandi dan sarapan.

Walau work from home tapi semangat untuk ‘ngantor’ mesti tetap ada, nih. Jadi kamu tidak ada waktu untuk kembali lagi tidur dan bermalas-malasan. Sesudah mandi, sarapan – kalau perlu kamu ganti pakaian layaknya kamu ingin pergi ke kantor.

 

 

Jadi rasanya atau vibe yang kamu ciptakan bersifat produktif. Dengan begini, kamu bisa terus mengerjakan pekerjaan kantor kamu seperti biasa, dan tidak terburu-buru dengan deadline!

 

Buat Jam Kerja Harian

Walau kamu punya waktu yang lebih fleksibel ketika bekerja dari rumah, tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya saja memulai pekerjaan kamu ya. Hal ini bisa kamu hindari dengan membuat jam kerja harian. Jadi kamu bisa menentukan mana yang bisa kamu kerjakan lebih dulu.

Tips ini bisa kamu sinergi kan dengan membuat daftar pekerjaan berdasarkan prioritasnya, nih. Dengan begitu kamu bisa mengetahui dan mengerjakan pekerjaan yang lebih ditunggu tanpa diburu-buru oleh tenggat waktu.

 

Create a Fun Work-Flow!

Nah ini adalah bagian yang seru, lho – hal ini terkait dengan kebebasan kamu untuk membuat work flow sendiri. Misalnya, sebelum membuka laptop dan mengerjakan pekerjaan kantor, kamu bisa olahraga ringan dulu, sarapan dulu – atau bahkan main dengan si kecil terlebih dahulu.

Dengan begitu kamu akan membuat mood lebih baik dan pastinya positive vibe pasti naik! Namun, mesti disiplin ya – ketika sudah bersenang-senang, kamu juga mesti kembali ingat dengan pekerjaan atau kewajiban lainnya!

 

Siapkan Tempat Untuk Bekerja

Yang pasti kalau bisa jangan di tempat tidur kamu ya. Memang sih nyaman dan tenangnya tidak diragukan lagi. Tapi bekerja dari tempat tidur rentan membuat kamu malah benar-benar tertidur atau setidaknya bermalas-malasan.

Cari tempat seperti taman belakang, meja makan, atau di teras rumah yang terang. Hal ini akan membuat kamu lebih produktif, lho!

 

Dress Up!

Hal ini sebenarnya sudah disebutkan di atas – kalau bisa, kamu juga mengenakan pakaian layaknya kamu akan berangkat ke kantor ya.

 

 

Dengan begitu secara tidak sadar kamu menciptakan mood tersendiri untuk selalu semangat bekerja dan mengerjakan pekerjaan kamu tepat waktu.

 

Feature Image – alodokter.com