Buah sawo merupakan salah satu jenis buah yang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Sawo memiliki bentuk bulat dengan warna kulit dan daging yang cokelat. Kandungan air yang terdapat dalam buah ini terbilang cukup banyak sehingga biasanya cocok dijadikan sebagai buah pencuci mulut yang segar.

Buah sawo memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Berikut beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu pembentukan sel darah merah

Credit: Alodokter

Buah sawo memiliki banyak kandungan zat besi yang berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang baik. Kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia, dan kemudian tubuh menjadi mudah lemas dan terasa pusing.

2. Menjaga kesehatan tulang

Credit: Beritasatu

Selain zat besi, sawo juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang mu. Tulang yang kuat dan sehat dapat membuat tubuhmu terhindari dari osteoporosis atau keropos pada tulang. Kesehatan tulang sendiri merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dijaga, terutama ketika kamu sudah lanjut usia nanti.

3.  Mencegah kanker usus

Credit: Honestdocs

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Selain melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit, kandungan serat yang ada pada buah sawo juga dapat mencegah terjadinya kanker usus.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Credit: Hellosehat

Sawo memilki kandungan anti inflamasi yang bagus untuk melancarkan pencernaan di usus. Selain itu sawo juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh anda. Pencernaan yang baik menghindarkan anda dari susah BAB dan gejala sembelit.

5. Membantu menjaga kesehatan gigi

Credit: Jawapos

Selain untuk menjaga kesehatan tulang, buah sawo juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Buah sawo memiliki kandungan berupa fosfor dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan rutin mengonsumsi buah sawo, gigi kamu akan menjadi lebih kuat, sehat dan tidak mudah berlubang.

 

Nah, itulah 5 manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui.

 

Featured Image - Suara