Penglihatan atau mata adalah salah satu panca indera penting bagi manusia untuk menjalani berbagai macam kegiatan sehari-hari. Seperti organ tubuh lainnya, mata juga wajar ketika  mengalami penurunan performanya saat seorang dewasa mulai masuk masa lansia. Beberapa perubahan penglihatan yang umum dialami adalah kehilangan kemampuan melihat sesuatu dari dekat, perlu waktu lebih banyak untuk menyesuaikan perubahan tingkat cahaya, serta sulit membedakan warna dengan tepat. Itulah kenapa penting sekali mengetahui cara menjaga kesehatan mata. Bahkan banyak cara yang perlu dilakukan dari sekarang. Ikuti detail tipsnya berikut ini.

Penyebab dan Bahaya Mata yang Tidak Sehat

Selain karena memang fungsi mata yang menurun seiring bertambahnya usia, ada beberapa faktor penyebab lansia sering mengalami gangguan kesehatan mata. Orang dengan penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung lebih rentan terkena penyakit mata dibanding orang yang sehat. Bisa juga terjadi pada orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat sejak muda atau dewasa.

Gejala awal dari gangguan kesehatan mata mungkin berupa penurunan kualitas pandangan seperti yang dijelaskan di atas. Termasuk berupa floaters dan mata kering yang cukup ringan perawatannya. Namun tidak sedikit juga yang mengalami masalah serius, seperti ablasio retina, katarak, glukoma, infeksi mata, peradangan, hingga pendarahan. Untuk itu, jagalah kesehatan mata dengan beberapa tips atau cara di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Lindungi Mata dari Sinar UV

Paparan langsung terhadap sinar ultraviolet (UV) saat pagi dan siang hari yang cerah bisa merusak jaringan pada mata seperti lensa dan kornea. Kondisi inilah yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit mata. Lindungi mata ketika kamu akan melakukan aktivitas di luar ruangan cukup lama. Selain dengan mengenakan kacamata hitam, kamu juga bisa menggunakan topi dengan tepi yang lebar.

Meskipun begitu, bukan berarti mata tidak membutuhkan sinar matahari. Justru dengan mendapat sinar matahari tidak langsung yang ringan atau tidak menyilaukan, sel cahaya pada mata akan membantu mengatur ritme sirkadian kamu. Risiko mengalami gangguan tidur pada lansia menjadi sangat kecil ketika kamu telah memiliki ritme sirkadian sejak muda.

2. Istirahatkan Mata dari Layar Monitor

Apabila pekerjaan atau kegiatan sehari-hari kamu sangat dekat dengan layar monitor, berikan waktu bagi mata untuk beristirahat. Salah satu aturan yang banyak direkomendasikan adalah 20-20-20. Setiap 20 menit menatap layar, tataplah pemandangan atau objek yang berjarak 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik. Cara ini akan membuat mata lebih rileks dan tidak mudah perih akibat sinar biru (bluelight) layar monitor.

3. Aktivitas Fisik dan Latihan Rutin

Usahakan untuk selalu memiliki aktivitas fisik yang cukup setiap hari, termasuk dengan melakukan olahraga atau latihan ringan. Langkah ini akan membuat berat badan, tekanan darah, hingga gula darah lebih mudah dikelola dan dicegah agar tidak berlebihan atau tidak menyebabkan penyakit kronis lain yang juga akan memengaruhi penglihatan. Selain itu, olahraga juga akan meningkatkan sirkulasi darah dan asupan oksigen pada mata.

4. Tidur Cukup dan Teratur

Tidur tidak hanya bermanfaat untuk organ tubuh bagian dalam saja, namun juga bagi mata. Saat seseorang menutup mata atau tidur, bola mata kita akan mendapat pelumas alami yang diproduksi oleh tubuh. Pelumas ini yang juga akan membantu mata mengeluarkan benda asing yang terlanjur masuk selama mata digunakan. Benda asing yang dimaksud berukuran sangat kecil, seperti debu, serbuk sari, partikel asap rokok dan kendaraan, dan masih banyak lagi lainnya. Jadi tidak heran jika bangun tidur sekitar mata kamu akan kotor.

5. Gaya Hidup dan Pola Makan Sehat

Gaya hidup dan pola makan bersih dan sehat adalah kunci untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Pertama, kebiasaan baik ini akan membantu kamu mengelola tekanan darah tetap normal. Sehingga risiko terkena gangguan mata menjadi sangat kecil. Kedua, pola makan penuh nutrisi juga akan mendukung mata. Beberapa nutrisi yang perlu didapatkan setiap hari adalah lutein, omega-3, hingga antioksidan seperti vitamin A, C, E, dan mineral zinc.

6. Tidak Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang meningkatkan risiko terkena gangguan mata berat, seperti glaukoma dan katarak. Belum lagi dengan kerugian yang dialami oleh organ tubuh yang lain seperti paru-paru dan jantung. Jadi mengurangi atau menghentikan konsumsi rokok sangat disarankan.

7. Melakukan Pengecekan pada Mata

Cara menjaga kesehatan mata terakhir adalah melakukan pengecekan kesehatan mata secara berkala. Hal ini untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya gangguan mata untuk kemudian ditangani lebih cepat. Panduan waktu pemeriksaan mata yang disarankan adalah 5-10 tahun sekali sebelum usia 30, 2-4 tahun sekali antara usia 40-54 tahun, 1-3 tahun sekali saat usia 55-64 tahun, dan satu tahun sekali untuk lansia usia 65 tahun ke atas. Bahkan untuk orang yang punya riwayat penyakit kronis turunan perlu memeriksakan diri lebih sering.

Enervon Gold, Teman Setia Mata Lansia

Beberapa lansia dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin akan disarankan oleh dokter untuk melengkapi salah satu kandungan penting bagi mata, yaitu lutein. Sering dikaitkan dengan vitamin A, lutein adalah semacam pigmen organik karotenoid yang berperan penting dalam melindungi jaringan mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, lutein juga dapat mencegah beberapa penyakit mata termasuk katarak. 

Enervon Gold menjadi salah satu produk suplemen yang diformulasikan khusus untuk lansia. Hanya dengan mengonsumsi satu tablet per hari yang berisi 10 mg lutein, lansia telah terbantu dalam memenuhi lutein harian. Apalagi dengan kandungan lain yang juga bermanfaat besar, seperti vitamin C, B kompleks, hingga minyak ikan yang baik bagi kesehatan otak. Dapatkan Enervon Gold dan varian lainnya lebih mudah dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

 

Referensi:

  1. WebMD. https://www.webmd.com/healthy-aging/how-to-maintain-vision-as-you-age
  2. American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/seniors-eye-health-tips
  3. WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-754/lutein