5 Kegiatan Unik Selama Puasa di Indonesia, Ada yang Bisa Dilakukan secara Virtual lho!

5 Kegiatan Unik Selama Puasa di Indonesia, Ada yang Bisa Dilakukan secara Virtual lho!

font size A Ǎ

Mungkin untuk sebagian dari kamu akan menganggap beberapa kegiatan ini adalah kegiatan yang biasa saja. Padahal jika ditelisik lebih dalam, kegiatan ini cukup unik, lho. Namun, terkait dengan kondisi pandemi seperti ini, beberapa kegiatan di bawah ini tidak bisa dilakukan dulu.

Akan tetapi beberapa kegiatan lainnya, tetap bisa dilakukan walau secara virtual, nih! Di zaman yang sudah penuh akan teknologi yang maju ini, kamu bisa lho melakukan beberapa hal di bawah ini dengan cara virtual, artinya kamu tidak perlu secara fisik langsung melakukan hal tersebut!

 

 

Jika ditelisik lebih dalam, mengapa beberapa kegiatan ini dinilai cukup unik? Karena bisa jadi hanya bulan Ramadhan di Indonesia saja kegiatan ini ada. Jelas jadi pembeda dari negara-negara lainnya, kan. Bisa jadi di negara tetangga tidak ada seperti yang di Indonesia, lho!

Sudah makin penasaran ya sebenarnya kegiatan unik apa saja sih yang dimaksud? Daripada penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

5 Kegiatan Unik di Indonesia Saat Bulan Ramadhan

 

Ngabuburit

Kalau dipikir-pikir, siapa ya yang pertama kali mencetuskan ngabuburit ini? Dan pada saat itu, apakah terpikirkan oleh yang melakukannya kalau kegiatan ini akhirnya jadi budaya di sebagian besar daerah di Indonesia?

Ngabuburit sendiri pada dasarnya adalah kegiatan berjalan-jalan di sekitar rumah sembari menunggu waktu berbuka. Uniknya, perjalanan singkat ini biasanya ditemani oleh banyak pedagang makanan untuk berbuka, dan jadilah si pelaku ini juga sembari membeli makanan yang menggodanya untuk berbuka nanti.

Alhasil ngabuburit lekat sekali dengan kegiatan mencari takjil sebelum berbuka. Padahal, bisa jadi pada saat pertama itu, ngabuburit memang hanya berjalan-jalan sejenak sembari menunggu waktu berbuka saja, lho! Konon kegiatan ini hanya ada di Indonesia saja!

 

Keberadaan Kolak

Percaya atau tidak, bulan puasa di Indonesia, atau bulan Ramadhan adalah waktu di mana makanan unik ini muncul: kolak. Kolak disinyalir sebagai takjil yang diwajibkan ada untuk berbuka. Padahal, menurut bahasa Arab sendiri, Takjil berarti menyegerakan, atau kamu mesti berbuka puasa setelah mendengar Adzan Magrib.

Eh tapinya – di Indonesia sendiri, takjil mengalami pergeseran makna yang sekarang – pada umumnya takjil dikenal sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Dan kolak adalah salah satu takjil yang wajib ada. Wah unik kan?

 

Terjadinya Bukber

Bukber atau buka puasa bersama adalah kegiatan yang memang hanya muncul saat bulan Ramadhan saja nih. Kalau di bulan selain bulan Ramadhan, mungkin namanya akan makan-makan biasa saja ya. Tapi bukber bisa jadi penyambung silaturahmi yang oke, lho.

Biasanya bukber sudah diagendakan jauh-jauh hari agar semua undangan bisa menghadiri kumpul-kumpul tersebut. Tapi dengan kondisi seperti ini yaitu pandemi Covid-19, kamu disarankan untuk tidak membuat pertemuan dulu guna menghindari paparan virus berbahaya ini.

 

Cara Membangunkan Untuk Sahur

Percaya atau tidak – mungkin di setiap daerah punya cara-cara tersendiri untuk membangunkan kamu saat waktu sahur sudah masuk. Mulai dari yang menyetel lagu-lagu islami yang merdu, sampai berkeliling kampung sembari membawa kentungan dan teriak-teriak “sahuuur,sahuuuur, sahuuur”.

Sepertinya ini hanya ada di Indonesia saja, deh. Bahkan lebih ekstrem lagi kalau mereka membangunkan satu sama lain dengan main petasan! Suaranya memang mengagetkan dan membangunkan orang tidur sih, tapi yang satu ini jangan diikuti, deh!

 

Baju Baru Buat Lebaran

Bulan Ramadhan akan ditandai akhirnya dengan Hari Raya Idul Fitri. Percaya atau tidak – untuk menyambut hari besar itu, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mengenakan baju baru. Padahal sebenarnya tidak pakai baju baru juga tidak apa-apa sih.

Tapi uniknya ada di situ. Kebutuhan baju baru sudah menjadi budaya setiap bulan Ramadhan menuju akhirnya. Buat kamu yang ingin beli baju baru juga – lebih baik belinya secara virtual saja ya. Atau menggunakan layanan e-commerce supaya kamu tidak perlu mendatangi mal atau pusat perbelanjaan terkait dengan pandemi Covid-19 ini.

 

 

Nah bagaimana? Cukup unik kan deretan kegiatan di atas? Sepertinya benar-benar hanya ada di Indonesia saja nih hal-hal seperti ini!

 

Feature Image – piknikdong.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!