Tidak terasa hari raya idulfitri sudah ada di depan mata. Hari suci ini menjadi momen perayaan umat muslim atas kemenangan melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Perayaan ini biasanya diisi dengan menjalin silaturahmi dengan sanak saudara, tetangga, dan teman. Makan bersama, saling berkunjung, dan melepas rindu bersama anggota keluarga yang kembali dari rantauan adalah hal yang sangat istimewa. Sehingga banyak hal perlu dipersiapkan selain baju lebaran untuk menjadikannya hari yang meriah. Untuk itu, lakukan 8 hal di bawah ini sebagai bentuk persiapan menyambut hari raya idulfitri.

Persiapan Menyambut Hari Raya Idulfitri di Rumah

1. Meningkatkan Kenyamanan Rumah

Agar momen bersama keluarga jauh dan tetangga sekitar lebih nyaman, pastikan kamu sudah membersihkan rumah. Mulai dari halaman depan, ruang tamu, hingga ruang keluarga perlu diupayakan kebersihan dan keindahannya. Selain itu, perlu juga mengatur kembali tata ruang sehingga lebih segar dipandang. Misalnya dengan mengubah letak sofa, mengecat ulang tembok, hingga menambahkan furnitur baru yang memaksimalkan fungsi ruangan. Bahkan jika perlu lengkapi juga dengan ornamen khas lebaran yang menarik.

2. Menyiapkan Menu Andalan dan Kue Lebaran

Berkumpul dengan keluarga tidak akan lengkap jika tidak ada acara makan-makan. Persiapkan bahan untuk masak menu andalan lebaran yang disukai anggota keluarga. Sehingga saat malam takbiran kamu tidak perlu lagi keluar rumah. Termasuk menyiapkan kue lebaran yang biasanya dimanfaatkan untuk menyambut tamu. Kamu bisa membuat camilan khas atau snack unik beberapa hari sebelum hari raya idulfitri tiba.

3. Membuat Bingkisan Lebaran dan THR Seru

Bicara soal camilan, tentu bingkisan lebaran atau hampers akan masuk dalam topik ini juga. Tradisi lebaran berbagi bingkisan ini juga menjadi kegiatan baik untuk menyambut hari raya idulfitri. Kalau kamu suka dan sempat membuatnya sendiri, persiapkan metode pembagiannya agar sampai tepat waktu. Sedangkan jika kamu tidak sempat melakukannya sendiri, persiapkan dengan baik pemesanan dan pengiriman bingkisan yang berkualitas.

Mirip dengan bingkisan, membagikan THR untuk anak-anak juga menjadi kegiatan asyik yang harus disiapkan. Tidak hanya uang pecahan dan amplop yang unik, cara membagikan THR yang seru juga perlu dirancang lho. Bahkan kamu juga bisa mengubah metodenya dengan bantuan aplikasi dan jaringan internet khas anak muda. Jadikan THR kamu berkesan bagi penerimanya.

4. Menyiapkan Salat Idulfitri

Ibadah yang tak boleh diremehkan saat lebaran adalah salat idulfitri. Karena waktunya pagi, persiapkan beberapa agar ibadah ini maksimal. Mulai dari pemilihan lokasi, kelengkapan dan kebersihan alat shalat, hingga persiapan mandi dan sarapan keluarga.

5. Jangan Lupa Zakat Fitrah dan Sedekah

Ibadah menunaikan zakat fitrah adalah salah satu ibadah wajib bagi muslim. Jadi jangan sampai kamu lupa untuk membayarkannya ya. Untuk meningkatkan pahala di bulan yang suci ini, tingkatkan juga berbagi dan sedekah kepada sesama yang membutuhkan. Tentu akan lebih bermakna jika semakin banyak orang yang senang di hari kemenangan ini, bukan?

Persiapan Menyambut Hari Raya Idulfitri Khusus Bagi yang Mudik

1. Berburu Tiket Transportasi

Mudik adalah tradisi keluarga yang menambah suasana lebaran semakin meriah. Untuk kamu yang merencanakan mudik keluar kota tanpa kendaraan pribadi, pastikan kamu sudah menentukan transportasi umum apa yang akan digunakan. Kemudian belilah tiket berangkat dan pulang sesuai yang kamu butuhkan jauh-jauh hari. Termasuk menyiapkan alternatif transportasi jika pilihan pertama kehabisan tiket.

2. Persiapkan Kondisi Kendaraan Pribadi

Sedangkan bagi kamu yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, persiapkan kondisi kendaraan dengan matang. Apalagi jika kamu akan mengendarai motor. Periksa beberapa bagian seperti mesin, ban, rantai, oli, hingga aksesoris lain yang menambah kenyamanan berkendara. Termasuk anggarkan juga biaya darurat yang cukup agar lebih tenang selama perjalanan.

 


3. Jaga Kesehatan Hingga Kembali

Tidak hanya persiapan fisik sebelum berangkat, kamu juga perlu menyiapkan stamina tubuh saat akan kembali ke kota rantauan. Jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak makanan yang kurang sehat atau terlalu banyak begadang. Pastikan kamu istirahat cukup, baik kembali dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

 


Hari raya idulfitri memang pantas mendapat persiapan yang spesial dibanding hari biasanya. Momen satu tahun sekali ini menjadikan banyak kenangan manis dengan keluarga dan sahabat. Namun perlu diingat juga bahwa persiapan menyambut hari raya idulfitri harus diimbangi dengan kesehatan tubuh. Jangan sampai saat harinya tiba, kamu malah sakit karena kelelahan ya. Untuk menjaga kebugaran selama lebaran, Enervon-C Effervescent harus menjadi pendukung tubuh kamu. Dengan multivitamin dan mineralnya, stamina tubuh akan tetap terjaga. Apalagi bagi kamu yang akan berangkat mudik, suplemen ini mudah dibawa dan praktis dikonsumsi. Pastikan kamu membeli produk yang asli melalui Tokopedia dan Shopee official Enervon ya.