Salah satu tradisi turun-temurun saat hari raya tiba adalah mudik lebaran. Tradisi setahun sekali tersebut jadi momen yang banyak dinanti-nanti terutama bagi kamu yang mengadu nasib di perantauan. Walaupun tradisi tahunan tersebut terasa menyenangkan, tapi hal ini juga sangat melelahkan mengingat perjalanan yang harus ditempuh relatif jauh. Mudik dengan kendaraan pribadi maupun dengan moda transportasi umum sama-sama menguras energi, sehingga banyak hal yang mesti kamu persiapkan sebelumnya. Simak berbagai tips menjaga kesehatan saat mudik lebaran berikut ini supaya kamu tetap bugar sesampainya di kampung halaman.

Tips Menjaga Kesehatan saat Mudik Lebaran

Perjalanan selama mudik lebaran pastinya akan sangat melelahkan. Oleh karena itu kamu harus menjaga kesehatan supaya tetap fit dan tidak jatuh sakit sesampainya di tempat asal. Nah, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan saat mudik lebaran yang bisa kamu lakukan.

1. Persiapkan Segala Sesuatu dengan Matang

Mudik lebaran identik dengan suasana macet. Hal ini tentu rentan membuatmu kelelahan karena perjalanan mudik akan semakin lama. Oleh sebab itu, pilihlah moda kendaraan yang nyaman dan tidak rawan macet seperti pesawat terbang atau kereta api.

Namun, jika kamu tetap bersikeras untuk pulang ke tempat asal dengan menggunakan bus atau mobil pribadi, maka pertimbangkan untuk berangkat dari jauh-jauh hari sebelumnya. Bagi kamu yang merencanakan mudik lebaran dengan mengendarai mobil atau sepeda motor pribadi, cek dulu kondisi mesinnya. Dengan memastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan, kamu tidak perlu khawatir kalau-kalau nantinya mobil atau motor tersebut mogok selama perjalanan.

2. Memilih Rute Perjalanan yang Tepat

Selain melakukan pengecekan terhadap mesin kendaraan pribadi, kamu juga harus merencanakan rute perjalanan yang akan ditempuh. Usahakan untuk memilih rute tercepat, sehingga perjalanan mudik tidak akan memakan waktu yang cukup lama. 

Jika kamu tidak mempersiapkan hal ini dan asal memilih rute, maka perjalananmu akan menguras waktu dan tubuh akan semakin kelelahan.

 

 

3. Berhenti untuk Istirahat saat Lelah

Mudik dengan transportasi umum sebenarnya lebih praktis dan tidak begitu menguras tenaga. Namun, melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi mungkin terasa lebih nyaman bagi sebagian orang.

Apabila memungkinkan, kamu bisa berangkat bersama keluarga, teman, atau menyewa sopir untuk sesekali menggantikanmu dalam mengemudi. Selain itu, berhentilah sejenak untuk istirahat jika tubuh merasa lelah. Jangan paksakan diri untuk tetap berkendara saat merasa lelah karena hal itu bisa membahayakan diri sendiri. 

Kamu bisa berhenti di rest area yang tersebar di sepanjang perjalanan atau memilih tempat-tempat tertentu untuk beristirahat sejenak.

4. Perhatikan Pola Makan dan Siapkan Bekal

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjaga kesehatan saat mudik adalah memperhatikan pola makan. Pastikan untuk selalu menyantap makanan yang kaya akan gizi supaya daya tahan tubuh senantiasa terjaga.

Selain itu, jangan lupa membawa bekal untuk berjaga-jaga selama perjalanan. Pilih makanan yang memiliki kandungan tinggi serat supaya awet kenyang dan tidak mudah lapar. Kamu juga bisa membawa buah-buahan sebagai pelengkap nutrisi, sehingga sistem imun tetap terjaga.

 

 

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

Imbangi asupan makanan bernutrisi dengan tetap memenuhi kebutuhan cairan di tubuh ya! Selain bantu mengeluarkan racun pada tubuh, hal ini juga akan membuatmu tetap terhidrasi. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih dan juga mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

6. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Bagi kamu yang punya riwayat penyakit tertentu, jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi ya! Apalagi jika obat tersebut harus dimakan secara rutin, maka hal ini harus benar-benar diperhatikan dan jangan sampai ketinggalan.

 

 

7. Minum Multivitamin Tambahan

Meski kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin secara alami dari buah-buahan, tapi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi multivitamin tambahan terutama yang mengandung vitamin C. Vitamin C sangat baik karena akan membantu menjaga daya tahan tubuh supaya tetap prima.

Namun, vitamin C saja tidak cukup lho! Akan lebih baik jika kamu juga mengonsumsi suplemen vitamin B Kompleks supaya tubuh tetap berenergi selama perjalanan mudik. 

Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin C dan vitamin B kompleks sekaligus dengan rutin minum Enervon-C Tablet. Enervon-C Tablet tak hanya bantu menjaga daya tahan tubuhmu, tapi juga menambah energi sehingga kamu senantiasa fit dan tidak mudah sakit!

Order sekarang juga dengan mengunjungi official store terpercaya yang ada di Shopee dan Tokopedia berikut ini ya!