Seperti diketahui, mudik merupakan salah satu tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama menjelang hari raya Lebaran. Mirip dengan perjalanan lainnya, ketika mudik, pastinya kamu membutuhkan energi lebih banyak dibandingkan aktivitas lainnya.

Agar tubuh tetap bertenaga dan fit sepanjang perjalanan, kamu mesti menjaga kesehatan baik sebelum, sesaat, dan setelah mengonsumsi makanan bergizi serta sehat.

Selain itu, masih ada beragam tips lainnya yang penting diterapkan untuk menjaga stamina selama mudik. Berikut ulasannya.

 

 

Istirahat yang Cukup

Credit Image - halodoc.com

Hal pertama, sehari sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu dan anggota keluarga cukup tidur. Terlebih kalau kamu harus mengendarai kendaraan pribadi, pastikan tubuh sudah dalam kondisi fit dan segar.

Sementara itu, jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, bis, atau kereta api, cobalah untuk menghindari moda transportasi yang terlalu ramai atau sesak agar mudik terasa lebih nyaman, serta mengurangi risiko tertular penyakit selama perjalanan.

 

Siapkan Perbekalan Selama Perjalanan

Selama sahur, pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang atau roti gandum sebagai sumber energi, dan pastikan lengkapi dengan protein hewani seperti ayam, daging, ikan dan telur, juga dengan protein nabati seperti tahu dan tempe.

Lengkapi juga menu makanan dengan sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin C serta zinc dan kalsium. Hindari makanan yang terlalu berlemak, gorengan, santan dan pedas saat sahur, karena makanan ini bisa menimbulkan kembung, rasa begah, hingga nyeri ulu hati.

Kemudian, pastikan konsumsi air putih sudah tetap terpenuhi ketika mudik. Rasa haus dan lapar dapat menyebabkan rasa kantuk dan mengganggu suasana hati, yang bisa berdampak negatif saat berkendara.

 

Beristirahat Ketika Merasa Lelah

Credit Image - otomotif.kompas.com

Tips menjaga stamina ketika mudik selanjutnya, yaitu beristirahat sejenak, apalagi kalau kamu merasa lelah. Mengendarai kendaraan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kelelahan. Jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya segera beristirahat ketika merasa lelah.

Pemerintah banyak menyediakan posko khusus yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak, selain rest area yang tersebar di area tol. Beristirahatlah setidaknya 15 menit, dan isi waktu dengan melakukan gerakan-gerakan stretching untuk melancarkan peredaran darah dan mengatasi penat dan pegal.

 

Membawa Obat-Obatan Pribadi

Pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi seperti obat anti mabuk perjalanan, obat flu, obat sakit kepala, obat anti masuk angin, dan obat diare selama di perjalanan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan.

Jangan lupa, agar selamat dan tetap sehat selama mudik, jaga diri dan keluarga di kota tujuan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jagalah jarak aman, hindari keramaian, memakai masker, dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

 

Konsumsi Suplemen Daya Tahan Tubuh

Credit Image - woop.id

Ada banyak orang yang pemenuhan nutrisi hariannya tak cukup hanya dari makanan. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen bisa menjadi solusi. Agar tubuh tetap bugar selama mudik, kamu dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin lengkap agar daya tahan tubuh terjaga.

Suplemen sebaiknya mengandung vitamin dan mineral, seperti pilihan multivitamin dari Enervon – yang bisa kamu konsumsi setiap hari bila diperlukan.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Apakah kamu termasuk yang mudik di momen Lebaran tahun ini? Pastikan sudah menerapkan sejumlah tips di atas agar stamina tetap terjaga – dan kegiatan mudik pun dapat dilakukan secara maksimal!

 

 

Featured Image – jba.co.id

Source – suara.com