Makanan merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Energi dibutuhkan agar tubuh tidak mudah lelah dan lemas saat beraktivitas seharian. Selain itu, energi merupkan kekuatan untuk bertahan, baik secara fisik maupun mental, dan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cara paling sederhana namun efektif untuk menjaga energi adalah menerapkan pola hidup yang sehat, terutama mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang dapat menambah energi kamu.

Untuk energi sendiri biasanya dapat kamu peroleh dari sumber makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, nih. Namun, dari sekian banyaknya sumber makanan yang tersedia, ada beberapa jenis makanan dengan gizi seimbang yang secara optimal dapat membantu meningkatkan energi tubuhmu, lho.

Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ulasannya.

 

 

 

5 Makanan Bergizi Seimbang Untuk Tingkatkan Energi / Credit: parenting.firstcry.com

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis gandum yang mengandung vitamin B, zat besi, mangan, dan kaya akan kandungan seratnya. Oatmeal bisa kamu konsumsi sebagai sarapan sehat karena lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga kamu kenyang lebih lama dan tidak mudah kehabisan energi.

Jadi, tak hanya gizi seimbang dapat terpenuhi, tapi dengan mengonsumsi oatmeal kamu pun tidak mudah lelah saat beraktivitas.

 

Hati Sapi

Makanan yang satu ini merupakan makanan padat nutrisi alias superfood yang memiliki gizi seimbang. Hati sapi kaya akan kandungan zat besi, mengandung semua jenis protein yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, dan mengandung vitamin B12 yang dapat mengubah protein tersebut menjadi energi yang lebih tahan lama.

 

5 Makanan Bergizi Seimbang Untuk Tingkatkan Energi / Credit: cookinglight.com

Ikan Salmon dan Tuna

Dikenal dengan kandungan protein dan asam lemak omega-3 nya, ikan salmon dan tuna sudah terbukti dapat meningkatkan energi saat beraktivitas fisik.

Selain itu, kedua jenis ikan ini juga mengandung vitamin B12. Sehingga, kombinasi protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12 secara ampuh dapat menghasilkan produksi energi dalam tubuhmu!

 

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang dikenal dapat meningkatkan energi. Hal ini tentu tidak lepas dari tingginya kandungan leusin, yaitu jenis asam amino esensial yang dapat membantu penyerapan gula dan metabolisme lemak, sehingga dapat menghasilkan energi untuk tubuh.

 

Pisang

Pisang dikenal manfaatnya untuk meningkatkan energi, karena mengandung karbohidrat, kalium, dan vitamin B6. Ketiga kandungan ini terbukti dapat menjaga stamina dalam tubuhmu selama kamu melakukan aktivitas seharian.

 

Deretan Tips Untuk Meningkatkan Energi Tubuh

5 Makanan Bergizi Seimbang Untuk Tingkatkan Energi / Credit: kumparan.com

Selain rutin mengonsumsi sejumlah sumber makanan bergizi seimbang di atas, ada tips lainnya yang dapat kamu lakukan agar energi tubuh tetap terjaga, yaitu:

  • Hindari melewatkan sarapan. Ini karena sarapan dapat memberi asupan energi awal di pagi hari dan membantu kamu fokus bekerja sampai saatnya jam makan siang.
  • Lakukan olahraga secara rutin. Aktivitas fisik dapat memicu produksi endorfin dan norepinefrin yang dapat membuatmu lebih berenergi. Bahkan, olahraga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari.
  • Kelola stres. Rasa emosi yang timbul karena stres dapat menguras energi dan membuatmu lelah. Selain itu, stres berkepanjangan dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya jantung.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh. Setidaknya dengan minum 8-10 gelas setiap harinya.

 

Lengkapi Dengan Minum Multivitamin Secara Rutin

5 Makanan Bergizi Seimbang Untuk Tingkatkan Energi / Credit: earthfoodandfire.com

Eits! Tak sampai disitu saja, meningkatkan energi tubuh juga dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C setiap hari, lho.

Mengapa Enervon-C? Karena mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk tubuh, yaitu Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Nah, deretan kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu serta meningkatkan energi, nih. Hal ini terkait dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diolah jadi energi yang tahan lama.

Jadi, nggak heran kalau kamu jadi semakin berenergi saat rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C!

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, mengonsumsi sejumlah makanan bergizi seimbang tersebut memang penting ya untuk bantu menjaga energi tubuhmu. Jangan lupa, untuk imbangi dengan pola hidup sehat lainnya, agar tubuh tetap fit dan berenergi!

 

Featured Image - macheesmo.com