Seperti diketahui, mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Namun, perjalanan panjang yang harus ditempuh tentu bisa menguras energi tubuh. Apalagi, kamu sedang energi sekaligus kekebalan tubuh harus dijaga dengan baik.

Untuk itu, kamu memerlukan pendukung daya tahan tubuh, seperti rutin mengonsumsi suplemen, termasuk berupa multivitamin. Nah, biar kamu memilih suplemen yang tepat – dan dapat dirasakan manfaatnya ketika mudik, berikut ini tips yang penting diperhatikan.

Yuk, disimak informasi lengkapnya!

 

 

Mengapa Suplemen Dibutuhkan Saat Mudik?

Credit Image - femina.co.id

Semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa didapatkan dari makanan. Namun, faktanya tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian hanya dari makanan saat mudik. Buah dan sayur, misalnya, memang memberikan berbagai jenis vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Namun, daya simpannya di luar kulkas tidak lama. Jadi akan sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini selama kamu melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Semakin lama buah disimpan, semakin berkurang pula kualitasnya. Ini menyebabkan kadar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya menjadi berkurang. Kemudian, semakin sibuknya seseorang semakin sedikit juga kesempatan untuk menyiapkan sendiri makanan yang sehat. Itulah sebabnya banyak yang akhirnya memilih makanan siap saji.

Begitu pula menjelang lebaran, hari-hari kamu menjadi lebih sibuk karena harus menyiapkan banyak hal untuk mudik. Perjalanan jauh yang ditempuh tentu tidak memungkinkanmu untuk menyiapkan makanan sehat, kecuali buah.

Perjalanan panjang yang dilewati selama mudik bisa menguras tenaga dan membuat Anda gampang jatuh sakit. Kamu tentu tidak mau sampai ke kampung halaman dalam kondisi tidak enak badan, bukan? Untuk itu, memilih suplemen yang tepat memang penting untuk dilakukan.

 

Pilih Suplemen yang Sesuai Kebutuhan

Bila kamu ingin tubuh tetap sehat dan segar selama mudik, pilih suplemen yang mendukung daya tahan tubuh. Kemudian, pilihlah suplemen dengan kandungan vitamin dan mineral yang apat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah jatuh sakit.

Namun, jika kamu ingin mengonsumsi suplemen, tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas kesehatan. Karena, kamu tetap perlu menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan, ya.

 

Baca Label Kemasan

Credit Image - tokotalk.com

Kemudian, jika kamu sudah menentukan vitamin dan mineral apa yang dibutuhkan untuk mendukung daya tahan tubuh, maka kamu bisa mulai mencari suplemen yang diinginkan. Penting untuk membaca label kemasan suplemennya terlebih dahulu, jangan asal beli.

Bila aturan pakai suplemen tidak cocok dengan kondisi kesehatanmu, maka cobalah cari suplemen yang lebih cocok untukmu. Dan jangan lupa, tetap perhatikan tanggal kedaluwarsa produknya.

 

Pilih yang Mudah Dikonsumsi

Ada banyak suplemen yang dijual di pasaran, baik itu dikemas dalam bentuk cairan, bubuk, atau tablet. Pilih suplemen yang mudah Anda minum selama di perjalanan. Suplemen dalam bentuk cair dan bubuk sangat berisiko akan berantakan atau tumpah jika Anda bawa, jadi tablet menjadi pilhan paling aman.

Kamu bisa memilih suplemen dalam bentuk tablet effervescent – atau tablet larut air. Cara minumnya mudah, cukup dilarutkan dalam air dan segera minum sampai habis setelah tabletnya larut. Tak hanya mudah diminum, suplemen ini juga bisa menambah asupan air dalam tubuh. Pasalnya, selama perjalanan dehidrasi sangat rentan terjadi. Apalagi jika kamu mudik saat puasa.

 

Suplemen yang Direkomendasikan

Credit Image - enervon.co.id

Biar kamu tak lagi bingung memilih jenis suplemen untuk mudik, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap dari Enervon – yang tersedia dalam bentuk tablet maupun effervescent.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C – yang dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Multivitamin ini mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terutama bagi yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, kamu direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan vitamin dalam Enervon Active tersebut dapat membantu pertahankan imunitas tubuh, sekaligus menjaga stamina agar tidak mudah lelah mesti beraktivitas seharian.

Selain menjaga kekebalan tubuh – ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya, kedua multivitamin dari Enervon tersebut juga dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Jadi, itulah tips memilih suplemen vitamin yang tepat untuk mudik. Selama perjalanan, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan nutrisi agar tubuh tidak gampang lemas!

 

 

Featured Image – tirto.id

Source – hellosehat.com