Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk saat berbuka puasa. Ada baiknya, kamu mengonsumsi camilan sehat untuk mengganjal perut saat berbuka.

Mengonsumsi camilan sehat saat berbuka bertujuan agar perutmu tidak “kaget” saat diisi makanan setelah berpuasa seharian. Jika kamu makan secara berlebihan perutmu akan terasa begah, lebih mudah lemas dan ngantuk, menyebabkan mual, pencernaan jadi terganggu, hingga berat badanmu jadi mudah naik. Kamu pasti tidak mau kan mengalami hal- hal tersebut?

Nah, berikut ini 5 pilihan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa.

Air Putih dan Kurma

Credit: kumparan.com

Tidak hanya sehat, kurma juga memilih rasa yang enak, mudah dibawa kemana saja, tentunya tidak membuat perutmu terasa begah! Rasa manis alami pada kurma dapat memberikan tubuhmu energi yang cukup. Kamu dapat mengonsumsi kurma sebanyak 3-7 butir, dan minum segelas air putih.

Selama bulan puasa, kurma sangat mudah ditemukan, lho. Jadi kamu tidak perlu sulit atau repot ketika mencari camilan sehat untuk berbuka yang satu ini, ya!

Kacang- Kacangan

Credit: sinarharapan.net

Ada berbagai jenis kacang- kacangan yang dapat menjadi camilan sehat saat berbuka, yaitu kacang almond, kacang mede, kacang kedelai rebus, bubur kacang hijau, dan jenis kacang lainnya.

Meskipun termasuk camilan, kacang- kacangan pada umumnya mengandung lemak sehat, yang sangat baik untuk dijadikan menu berbuka puasa. Tapi, jangan karena mengandung lemak sehat, kamu jadi mengonsumsi kacang- kacangan secara berlebihan ya! Tetap atur porsi yang tepat saat mengonsumsinya, ya.

Pisang atau Apel

Credit: parenting.orami.co.id

Camilan sehat berikutnya adalah pisang atau apel, yang dapat kamu pilih jadi menu saat berbuka puasa. Kamu bisa mengonsumsi pisang atau apel yang dicampur dengan yogurt, atau dimakan langsung.

Selain mengandung serat, pisang atau apel juga mengandung berbagai vitamin penting seperti vitamin C dan vitamin B Kompleks. Kedua jenis vitamin ini penting, lho, untuk dipenuhi selama puasa. Kombinasi kedua vitamin ini dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu, serta membantu proses metabolisme tubuh dalam mengubah makanan jadi energi, yang penting untuk mendukung kelancaran puasamu.

Namun, terkadang mengonsumsi buah- buahan saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Jadi, kamu bisa melengkapinya dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C, dua kali sehari saat sahur dan berbuka.

Berbagai Snack Sehat

Credit: nourisheveryday.com

Camilan sehat seperti protein bar atau biskuit gandum, mungkin sudah sering kamu konsumsi sehari- hari, karena mudah didapatkan di supermarket atau minimarket terdekat. Camilan sehat seperti ini, biasanya sudah mengandung komposisi yang pas, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan gula. Jadi, baik untuk dijadikan snack saat berbuka. ‘

Selain itu, kamu juga bisa membuat snack sehat sendiri di rumah, seperti churros, stick kentang atau keju, pudding, dan lain sebagainya. Selain sehat, kamu juga bisa menakar kandungannya sendiri sesuai keinginanmu.

Kue Tradisional

Credit: food.detik.com

Ada banyak kue tradisional yang dapat dijadikan sebagai camilan sehat saat berbuka, seperti bubur sumsum, onde- onde, pie buah, kue soes, dan lain sebagainya. Selain sehat, kue tradisional juga memiliki range harga yang cukup terjangkau. Jadi, kamu tetap bisa hemat selama bulan puasa ini.

Itu dia kelima rekomendasi camilan sehat untuk berbuka puasa. Yuk, coba konsumsi salah satu menu di atas saat berbuka, agar perutmu jadi tidak begah dan puasa pun tetap lancar sebulan penuh!

 

Featured Image - kaylaitsines.com