Secara psikologi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orangtua akan lebih efektif sembuh dari depresi, dan memiliki rasa percaya diri untuk menyelesaikan berbagai bermasalahan.

Bahkan pelukan saat umur masih dini, yaitu sesaat setelah bayi terlahir ke dunia, akan membuat daya tahan tubuh semakin kuat. Dan ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan hingga masa kanak- kanak, maka dapat menjadikan anak menjadi pribadi yang tidak mudah stress.

Anak yang mendapat pelukan tidak akan menjadi cengeng, bahkan sebaliknya. Anak yang sering mendapat sentuhan dan pelukan kasih sayang dari orangtua akan tumbuh menjadi anak yang penyayang, memiliki pertumbuhan yang sehat, merasa nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Selain itu, ada beberapa manfaat pelukan bagi anak. Yaitu:

1. Memberikan anak rasa percaya diri dan nyaman

Credit: Jawapos

Pelukan yang diberikan orangtua pada anak dapat memberikan rasa nyaman. Nah, perasaan tersebutlah yang akan menjadi pondasi bagi anak untuk membentuk rasa percaya diri kedepannya.

2. Mengurangi rasa cemas pada anak

Credit: Hipwee

Seringkali, anak merasa cemas saat berada di lingkungan baru. Dengan memberikan pelukan pada anak sebelum berangkat sekolah atau sebelum mengantarkan mereka pada lingkungan bermain, dapat mengurangi rasa cemas pada anak.

3. Anak merasa berharga

Credit: Fimela

Pelukan yang didapatkan anak dari orang tua membuat anak merasa diberikan dukungan. Mungkin saat masih kecil, anak belum merasakan manfaat dari pelukan yang sesungguhnya. Namun, saat mereka beranjak dewasa, anak akan mulai merasakan manfaat dari pelukan yang sering diberikan orang tua. Nantinya, anak akan merasa lebih berharga karena mendapatkan dukungan dari orangtua.

4. Menenangkan emosi anak

Credit: Kumparan

Saat ada hal yang tidak bisa disampaikan oleh anak kepada orangtua, maka sebaiknya berikanlah anak pelukan sebagai tanda bahwa kamu peduli terhadap mereka. Melalui pelukan, anak sudah menyampaikan rasa emosinya dan memberikan rasa tenang.

Pelukan tidak hanya berguna pada saat anak masih kecil saja, tetapi juga berpengaruh hingga mereka dewasa. Maka berikanlah pelukan pada anak untuk membuat mereka merasa nyaman dan menguatkan perasaan anak pada kita.

 

Featured Image - Hai Bunda