Sampai saat ini belum ada keterangan yang jelas terkait berakhirnya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang ini. Hal ini tentu membuat kamu semakin lama untuk tetap berada di rumah dulu.

Otomatis bekerja dari rumah atau work from home akan diperpanjang juga. Buat kamu yang sudah tidak sabar untuk kembali lagi bekerja di kantor, sebaiknya kamu menghadirkan suasana kantor ke rumah dulu saja nih.

Bagaimana caranya ya? Dilansir dari situs dekoruma.com – setidaknya ada 7 tips yang bisa membuat kamu mempunyai ruang kerja senyaman di kantor. Tidak hanya untuk kenyamanan saja, tapi ruang kerja yang desainnya benar-benar dipikirkan, juga akan membuat kamu semakin produktif, nih!

 

 

Penasaran apa saja tips-tips yang akan dijelaskan di bawah ini? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan di bawah ini sampai habis ya!

 

7 Tips Desain Ruang Kerja Biar Makin Produktif

credit:akurat.co

 

Menentukan Lokasi

Ruang kerja di rumah bisa dengan berbagai ukuran ruangan, kok. Mau besar, atau kecil tidak jadi masalah. Yang cukup penting untuk kamu pikirkan adalah lokasi yang berdasarkan kebutuhan kamu. Misalnya nih, kamu membutuhkan ketenangan, ruang-ruang di sudut rumah atau bahkan di taman belakang pun bisa kamu jadikan ruang kerja.

Atau, jika kamu seorang ibu rumah tangga yang tidak ingin jauh dari dapur – kamu bisa nih menentukan ruang kecil yang strategis dan tidak berjauhan dengan dapur. Jadi semua urusan bisa selesai kalau ruang kerjanya berdekatan!

 

Ukuran Ideal Ruangan?

Jika ditanya idealnya ruang kerja yang bisa bikin kamu produktif itu berapa, mungkin jawabannya akan bermacam-macam karena setiap orang punya parameter nyamannya masing-masing. Namun, untuk meja kerja yang berukuran standar punya dimensi 150 cm x 210 cm.

Dari ukuran meja tersebut, kamu bisa mengira-ngira nih seberapa besar atau kecil ruang yang kamu butuhkan untuk jadi kantor sementara kamu di rumah. Ukuran meja kerja yang sudah disebutkan tidak mesti harus sebesar itu ya, jika kamu nyaman dengan meja kerja yang kecil, tidak apa-apa.

 

Pilih Furnitur Untuk Ruang Kerja

Dengan ukuran meja ideal yang 150 cm x 210 cm, kamu bisa nih memperkirakan lagi apakah kamu butuh rak, butuh laci dan furniture lainnya. Jika memang butuh, pastikan kamu sudah mengetahui mau di mana diletakannya tambahan itu.

Sebenarnya, yang paling penting adalah kamu bisa berinvestasi ke kursi kantor yang sifatnya ergonomis. Hal ini tentu terakit dengan kenyamanan dan kesehatan tulang leher dan punggung.

 

Penggunaan Rak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apakah kamu tetap membutuhkan rak? Jika iya, direkomendasikan untuk kamu yang punya ruang kerja tidak terlalu besar, bisa menggunakan rak dinding, nih. Dengan rak ini, kamu bisa menyimpan berkas dengan rapi.

 

Perhatikan Pencahayaan yang Alami

Kalau bisa nih – ruang kerja kamu mempunyai pencahayaan alami yang didapatkan dari sudut luar rumah, atap yang transparan atau dekat dengan jendela sehingga bisa kamu buka dan menikmati pencahayaan alaminya.

Namun, jika cahaya terlalu kontras – kamu bisa akali dengan pemasangan gorden sehingga bisa mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke ruang kerja kamu tersebut.

 

Dekorasi Tambahan?

Kalau yang satu ini sudah sesuai selera saja nih – Pasalnya dekorasi identik dengan pencerminan diri kamu sendiri. Direkomendasikan sih tidak perlu banyak dekorasi karena biasanya malah akan mengganggu kamu atau kamu terdistraksi dengan dekorasimu sendiri.

Cukup punya satu sampai tiga dekorasi yang fungsional. Seperti tamanan kecil hias yang bisa bantu menyegarkan mat ajika sudah pusing melihat layar laptop ya!

 

 

Wah bagaimana? Dari tips-tips yang sudah disebutkan di atas – sila diperhatikan dan diterapkan agar kamu punya ruang kerja yang nyaman, dan pastinya bisa bikin kamu makin produktif walau dari rumah saja!

 

Feature Image – tribunnews.com