5 Manfaat Mengedukasi Anak Tentang Puasa Sejak Usia Dini

5 Manfaat Mengedukasi Anak Tentang Puasa Sejak Usia Dini

TAGS : Anak puasa edukasi
font size A Ǎ

Meskipun puasa belum diwajibkan bagi anak usia dini, tapi orang tua wajib mengenalkan dan memberikan edukasi mengenai puasa serta maknanya pada anak. Ditambah lagi, mengenalkan apa itu puasa dan membuatnya jadi tertarik berpuasa, bukanlah perkara mudah.

Pada dasarnya, melatih anak berpuasa tidak hanya sebatas melatih kesabarannya untuk menahan lapar dan sahur dari pagi hingga sore saja. Namun, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan saat berpuasa di bulan Ramadhan.

 

5 Manfaat Mengedukasi Anak Tentang Puasa Sejak Usia Dini

Credit: halodoc.com

Apa saja manfaat lain mengedukasi anak mengenai puasa sejak usia dini? Berikut ini ulasannya.

Melatih untuk Berbagi

Bulan ramadhan seringkali dijadikan ajang untuk menebarkan kebaikan, salah satunya adalah berbagi dengan sesama. Kamu dapat mengajarkan anak untuk berbagi, misalnya dengan mengajak atau memintanya untuk mengantar makanan kepada tetangga dekat rumahmu.

Hal ini bertujuan agar anak memahami bahwa berbagi itu tidak hanya dengan orang yang kurang mampu saja, namun juga dengan orang- orang yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Mengajarkan Anak Silaturahmi

Jika pada hari biasanya anak hanya pergi ke sekolah, lalu pulang dan bermain di rumah. Maka bulan ramadhan merupakan momen tepat untuk mengajarkan anak bersilaturahmi.

Namun, di tengah pandemi ini ada baiknya hindari bertemu langsung dan terapkan physical distancing. Tapi, ini bukan berarti kamu tak bisa bersilatuhrami, ya! Kamu bisa ajak anak bersilaturahmi dengan sanak saudara melalui panggilan suara atau video, lho. Tujuannya agar anak dapat lebih mengenal saudara- saudaranya dan melatih sosialiasinya meskipun sedang tak dapat bertatap muka langsung.

5 Manfaat Mengedukasi Anak Tentang Puasa Sejak Usia Dini

Credit: rimma.co

Menghormati Orang yang Lebih Tua

Setiap sahur dan berbuka, orang tua dapat meminta bantuan anak untuk menyiapkan makanan dan juga minuman. Orang tua dapat mengingatkan anak untuk menyiapkan makanan dan minuman untuk orang yang lebih tua dahulu, sebelum untuk dirinya sendiri. Kebiasaan seperti ini dapat menjadi salah satu cara agar anak terbiasa menghormati orang yang lebih tua.

Melatih Kedisiplinan

Selama puasa, waktu makan sahur dan berbuka cukup dibatasi, karena setelahnya harus melaksanakan ibadah shalat. Dengan mengajarkan anak berpuasa, maka secara otomatis ia dilatih untuk disiplin dalam berbagai hal.

Anak dilatih untuk disiplin dalam mengatur waktu, seperti bangun sahur untuk mengisi perut sehingga dapat menjalani puasa dengan lancar, disiplin dalam waktu beribadah, waktu untuk belajar di rumah, serta mengatur waktu agar tetap dapat membantu orang tua, dan lain sebagainya.

Mengasah Kepercayaan Diri

Mampu menjalani puasa dari pagi hingga sore dengan lancar dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Berbagai usaha yang dilakukan anak untuk menahan rasa haus dan lapar dapat membantu membuat pikiran anak jadi semakin positif.

Selain itu, dapat menahan godaan di siang hari hingga waktu berbuka puasa tiba membuat anak jadi semakin yakin pada kekuatan yang ada pada dirinya, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap diri sendiri yang dapat memicu rasa percaya diri anak semakin meningkat.

Nah, itu dia kelima manfaat mengenalkan dan mengedukasi puasa pada anak sejak usia dini. Mulai sekarang, yuk coba kenalkan dan ajak anak berpuasa!

 

Featured Image - parentstory.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!