Sering Cuci Tangan Untuk Cegah Tertular Corona Buat Kulit jadi Kering, Atasi Dengan Cara Ini

Sering Cuci Tangan Untuk Cegah Tertular Corona Buat Kulit jadi Kering, Atasi Dengan Cara Ini

font size A Ǎ

Seperti yang diketahui bersama kalau mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu langkah pencegahan tertularnya diri mu dari virus corona atau Covid-19. Namun ada beberapa efek nih ketika intensitas cuci tangan di tingkatkan. Untuk beberapa tipe kulit, ada yang sampai kering bahkan iritasi.

Masing-masing individu atau personal, biasanya mempunyai tipe kulit yang berbeda-beda. Ada yang sensitif ada yang tidak. Terkait dengan intensitas cuci tangan yang tinggi, kulit tangan kamu bisa kering, terkelupas, pecah-pecah bahkan melepuh.

 

 

Tidak hanya intensitas cuci tangan saja yang meningkat – dikhawatirkan juga ada faktor lainnya seperti tingginya frekuensi menggunakan hand sanitizer yang kandungannya didominasi dengan alkohol. Memang, hal ini sedang direkomendasikan untuk kamu agar tidak tertular virus corona.

Tapi bagaimana solusi untuk masalah kulit tangan seperti yang sudah disebutkan di atas? Untuk kamu yang bingung bagaimana mengatasinya – tenang, sila simak bahasan kali ini saja untuk mengetahui setidaknya ada empat cara untuk mengatasinya.

 

Solusi Atasi Kulit Tangan Kering Karena Sering Cuci Tangan

 

Perhatikan Sabun yang Kamu Gunakan

Keringnya kulit tangan kamu bisa jadi dikarenakan oleh sabun cuci tangan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum membeli sabun cuci tangan, baiknya kamu memerhatikan komposisi sabun cuci tersebut. Beberapa hal yang mesti kamu perhatikan adalah gliserin dan lanolin.

Dua zat tersebut mampu memberikan kelembapan yang lebih untuk kulit kamu sehingga tidak mudah kering saat sering cuci tangan. Lalu, direkomendasikan untuk kamu menggunakan sabun cuci tangan dalam bentuk cair dibandingkan yang batang.

Hal ini dikarenakan oleh sabun batang ternyata memiliki Ph yang tinggi sehingga hal tersebut dengan mudah bisa membuat kulit tangan mu jadi kering.

 

Tidak Menggunakan Air Panas

Jika kamu terbiasa mencuci tangan dengan menggunakan air panas atau air hangat – hal tersebut tidak direkomendasikan karena bisa menyebabkan kulit tangan mu cepat kering. Hal ini dikarenakan oleh air panas atau air hangat secara alami bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kulit tangan.

Padahal minyak alami tersebut secara fungsi bisa untuk menjaga air di lapisan kulit sehingga kulit tangan kamu tetap lembap. Jika memang udara sedang dingin, sebaiknya kamu lap tangan dengan tisu basah lalu keringkan saja.

 

Keringkan Tangan dengan Benar

Ada satu hal yang terkadang dilupakan nih – padahal hal ini adalah salah satu yang penting dan dianggap sepele. Setelah cuci tangan dengan sabun, pastikan kamu mengeringkan lagi tangan kamu dengan benar. Hindari menggosok dengan keras tangan kamu menggunakan handuk atau tisu karena bisa jadi iritasi.

Jika kulit kamu tergolong kulit yang sensitif, kamu bisa menepuk-nepuk dengan lembut ke tangan agar sisa air yang ada di kulit tangan turun dan mengering dengan baik.

 

Pakai Pelembap

Tidak sembarang pelembap nih yang bisa kamu gunakan. Setidaknya ada tiga bahan atau tiga kandungan yang mesti kamu perhatikan ada di pelembap yang mau kamu gunakan. Pertama adalah okslusif, yaitu bahan yang bisa mencegah hilangnya air dari kulit. Contohnya seperti petrolatum atau petroleum jelly.

Kedua, adalah emolien. Kandungan ini bisa melembutkan dan menenangkan kulit – contohnya isopropyl miristat dan oktil okanoat. Lalu ketiga adalah humektan yang juga bisa melembapkan kulit karena mengandung asam karboksilat dan asam laktat.

 

 

Nah bagaimana sekarang? Sudah paham solusi dari kulit tangan kamu yang cepat kering karena sering mencuci tangan?

 

Feature Image – kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!