Bukan Timur Tengah, Ini 5 Destinasi Wisata yang Kental Akan Nuansa Islami

Bukan Timur Tengah, Ini 5 Destinasi Wisata yang Kental Akan Nuansa Islami

font size A Ǎ

Bahasan di bawah ini bisa jadi rencana kamu nanti nih untuk traveling berikutnya. Tentu jika pandemi Covid-19 ini sudah selesai ya. Mengacu ke bulan Ramadhan yang sebentar lagi selesai, nuansa muslim di beberapa negara menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler untuk mendatanginya.

Sementara ini, yang cukup terkenal dan populer dengan nuansa muslimnya adalah negara-negara timur tengah. Berbagai budaya yang unik sampai jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa di sana cukup eksotis.

 

 

Tapi percaya atau tidak – sebenarnya tidak selalu soal negara timur tengah saja lho yang punya nuansa muslim yang kental. Penasaran di mana saja selain negara-negara timur tengah? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini ya.

 

Aceh, Indonesia

Secara sejarah, Aceh yang berada di Sumatera Utara ini memang menjadi jalur masuknya islam pertama di Indonesia. Melalui jalur perdagangan internasional di masa silam, Aceh menjadi lokasi yang strategis untuk banyak budaya yang masuk, termasuk budaya islam.

Makanya, Aceh sampai sekarang mempunyai julukan Serambi Mekkah karena nuansa islam dan muslimnya sangat kental. Di sana juga terdapat masjid yang menjadi landmark Aceh sendiri, Masjid Baiturrahman adalah masjid yang bisa kamu kunjungi jika datang ke sana.

 

 

Harar, Etiopia

Walau mayoritas agama di salah satu negara di Afrika ini adalah nasrani, Etiopia mempunyai satu kota yang sangat kental nuansa islam dan muslimnya. Bahkan, saking kentalnya, kota ini dijuluki Mekkahnya Afrika.

Kota Harar, adalah kota di mana pada abad ke 10, banyak didatangi oleh imigran Arab. Sehingga sekarang kota ini berkembang pesat dan bernuansa islam serta muslim yang kental.

 

Bolghar, Rusia

Mirip dengan Aceh – Bolghar di Rusia adalah kota di mana sebelumnya menjadi kota yang strategis untuk berdagang. Hal tersebut dikarenakan oleh kota ini dilalui oleh Sungai Volga yang bisa mengantarkan para pedagang untuk sampai ke kota tersebut.

Banyak pedagang datang ke sini termasuk pedagang dari timur tengah. Lambat laun, kota ini mengadopsi agama islam dan akhirnya sekarang ini nuansa muslimnya sangat kental.

 

Cotabato, Filipina

Negara tetangga dari Indonesia – Filipina juga mempunyai kota yang bernuansa islam dan muslim yang kental. Kota Cotabato yang berlokasi di Provinsi Maguindanao ini didominasi oleh mereka yang muslim Mindanao.

Kota ini punya landmark yang mesti kamu kunjungi yaitu Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang mempunyai arsitektur yang menawan!

 

Ajmer, India

Ajmer adalah kota yang syahdu untuk para umat muslim di india. Kota ini berdiri di kaki bukit yang merupakan wilayah yang sering disinggahi oleh Kesultanan Mughal. Menariknya, kota ini mempunyai berbagai situs penting buat mereka yang sedang menjalani perjalanan rohani.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari kelima kota yang ada di atas – apakah sudah ada yang masuk ke dalam daftar traveling mu nanti?

 

Feature Image – steemit.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!