Ini 3 Manfaat Konsumsi Camilan Sehat di Malam Hari Selama Bulan Puasa

Ini 3 Manfaat Konsumsi Camilan Sehat di Malam Hari Selama Bulan Puasa

font size A Ǎ

Di malam hari setelah tarawih, seringkali perut terasa lapar meskipun sebelumnya sudah diisi dengan makanan berat. Hal ini tentu saja dapat membuat keinginanmu untuk mengunyah alias ngemil semakin besar.

Sebenarnya tak ada larangan mengenai ngemil di malam hari, terutama di bulan puasa. Tapi, kamu harus tahu batasannya agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, seperti meningkatkan risiko obesitas.

 

Ini 3 Manfaat Konsumsi Camilan Sehat di Malam Hari Selama Bulan Puasa

Credit: vitacost.com

Walaupun ngemil di malam hari cenderung memiliki image yang buruk, terutama untuk kesehatan. Ternyata, kebiasaan ini juga memilki manfaat lho, apalagi jika camilan yang kamu konsumsi di bulan puasa ini adalah camilan sehat. Kira- kira apa saja manfaatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

Asupan Kalori Harian Terpenuhi

Manfaat mengonsumsi camilan sehat di malam hari selama bulan puasa adalah kebutuhan kalori harian tubuhmu akan terpenuhi. Sebenarnya, jumlah kalori harian setiap orang tidak terpengaruh oleh kondisi puasa.

Namun, puasa membuat jam makanmu jadi terbatas dan ini bisa saja menyebabkan asupan kalori tubuhmu jadi tidak dapat tercukupi. Jika terjadi, ini akan mengganggu sistem metabolisme tubuh. Oleh karena itu, kamu dapat memenuhi kebutuhan kalori harianmu selama puasa dengan ngemil di malam hari.

Saat Sahur, Makan Jadi Lebih Sedikit

Jika kamu merasa lapar di malam hari, jangan dibawa tidur ya. Sebaiknya kamu konsumsi camilan ringan yang menyehatkan saja. Karena, menahan lapar semalaman justru akan membuatmu cenderung lebih kalap dan makan lebih banyak saat sahur.

Padahal, perut juga punya batasan dan makan berlebihan saat sahur dapat membuat perutmu jadi terasa tak enak atau bahkan mulas. Apalagi, makan terlalu banyak saat sahur belum tentu dapat membuatmu kenyang lebih lama, lho. Daripada mengonsumsi makanan yang penuh dengan kalori, sebaiknya konsumsi makanan yang bernutrisi, sehingga perutmu tak terlalu begah, tetapi tetap berenergi.

Nah, tak hanya dari makanan saja energi dapat dihasilkan dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks. Untuk membantu jaga daya tahan tubuh kamu dan mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat berubah jadi energi yang lebih tahan lama.

Jangan lupa, untuk konsumsi Enervon-C dua kali sehari, saat sahur dan berbuka ya.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Perut kosong akan membuatmu jadi lebih susah tidur. Tak hanya waktu makan, tapi waktu istirahat di malam hari pun akan lebih terbatas selama bulan puasa. Jadi, dengan mengonsumsi camilan sehat di malam hari, dapat membuat tidurmu lebih nyenyak, dan saat sahur pun tubuh tetap terasa segar.

Ini 3 Manfaat Konsumsi Camilan Sehat di Malam Hari Selama Bulan Puasa

Credit: moneycrashers.com

Camilan Sehat yang Baik Untuk Dikonsumsi

Selain mengetahui manfaatnya, kamu juga harus tahu nih jenis camilan apa yang baik untuk dikonsumsi di malam hari, agar tubuh tetap sehat. Berikut ini beberapa camilan sehat yang bisa kamu konsumsi:

  • Buah- buahan, seperti apel, pisang, atau semangka.
  • Susu skim, susu kedelai, susu kacang, atau susu sapi rendah lemak.
  • Yogurt rendah lemak.
  • Berbagai jenis kacang- kacangan, atau cokelat hitam rendah lemak.

Itu dia beberapa manfaat mengonsumsi camilan sehat di malam hari selama bulan puasa. Jadi, kamu tak perlu ragu untuk ngemil di malam hari selama bulan puasa, selama camilan yang kamu konsumsi sehat dan asupannya dibatasi.

 

Featured Image - wellandgood.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!