Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran Dengan Menerapkan 6 Tips Ini

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran Dengan Menerapkan 6 Tips Ini

font size A Ǎ

Meskipun tahun ini lebaran di rumah saja, menyusul kebijakan PSBB yang diterapkan untuk mengurangi penyebaran Covid-19, tapi sebagian besar darimu pasti tetap menyiapkan berbagai masakan khas lebaran, seperti ketupat, opor, rendang, dan berbagai kue lebaran. Makanan- makanan ini tentu menggugah selera makan ya, jadi rasanya ingin terus mengunyah.

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran Dengan Menerapkan 6 Tips Ini

Credit: uzone.id

Tapi, makan terlalu berlebihan saat lebaran dapat memicu kenaikan berat badan, lho. Bahkan, tak jarang akhirnya jadi menimbulkan masalah kesehatan. Kamu pasti tak mau ya mengalami hal ini.

Untuk itu, coba yuk terapkan tips berikut ini agar kamu tidak makan berlebihan saat lebaran. Simak ulasan lengkapnya ya.

Kenali Pemicunya

Yang pertama adalah kamu perlu mengenali apa yang jadi pemicu kamu untuk makan lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa membuat catatan kapan kamu mulai makan dan catat juga makanan apa yang membuat nafsu makanmu bertambah.

Dengan begitu, kamu dapat lebih mengendalikan diri saat makan dan cara ini juga bisa digunakan dalam keseharian, sehingga pola makanmu tetap sehat.

Makan Perlahan

Saat makan, cobalah untuk mengunyah dengan perlahan. Perutmu sebenarnya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal pada otak apakah sudah kenyang atau belum. Jadi, penting untuk mengunyah makanan secara perlahan dan sampai benar- benar lembut untuk ditelan.

Jika kamu terus menerus makan, perutmu akan bingung kapan harus memberi sinyal tanda kenyang. Dan akhirnya, hal ini menyebabkan kamu makan lebih banyak.

Lakukan Aktivitas Lain

Menahan godaan makanan lebaran memang sulit dilakukan. Apalagi setelah menjalani puasa sebulan penuh, kamu merasa inilah waktunya untuk makan yang banyak alias ‘balas dendam’. Tapi, ini tentu buruk untuk kesehatan tubuhmu.

Agar kamu tak tergoda untuk makan lebih banyak, coba lakukan aktivitas lain, misalnya berbincang- bincang dengan saudara melalui video call atau ngobrol bersama keluarga di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menjauh dari meja makan, agar tidak tergoda saat melihat makanan.

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran Dengan Menerapkan 6 Tips Ini

Credit: faktualnews.co

Jadwal Makan

Saat lebaran, sebaiknya kamu mulai kembali dengan jadwal makan rutin, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan mungkin sedikit camilan. Memiliki jadwal makan rutin dapat membantumu mengendalikan nafsu makan, sehingga lambung juga sudah terbiasa dengan waktu- waktu makanmu.

Dengan begitu, saat lebaran kamu lebih dapat mengendalikan makanmu.

Porsi Makan

Agar tidak makan berlebihan saat lebaran, usahakan untuk menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya untuk mengatur porsi makan. Jadi, piring yang kamu gunakan hanya dapat menampung sedikit makanan saja, dan mencegah kamu makan secara berlebihan.

Cukupi Waktu Istirahat

Saat merasa lelah, kamu cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Sedangkan, orang yang beristirahat dengan cukup setiap malamnya, makan dalam porsi normal. Oleh karena itu, sebelum hari lebaran pastikan kamu tidur dengan cukup, sehingga nantinya tidak merasa kelelahan dan akhirnya jadi makan secara berlebihan.

Nah, itu dia tips agar kamu tak makan secara berlebihan saat lebaran. Dan meskipun lebaran di rumah saja, jangan lupa ya untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, perbanyak makan sayur dan buah, tidur yang cukup, olahraga rutin, dan lengkapi dengan minum multivitamin seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, yang mampu menjaga daya tahan tubuh serta membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tetap berenergi seharian!

 

Featured Image - parenting.orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!