Anak Terima Uang Lebaran? Ajari Cara Mengelolanya Dengan Trik Ini!

Anak Terima Uang Lebaran? Ajari Cara Mengelolanya Dengan Trik Ini!

font size A Ǎ

Tidak kamu saja lho yang bekerja dan menerima THR, saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya si kecil juga menerima ‘salam tempel’ atau uang THR juga, nih dari sanak saudara. Kamu bisa bantu si kecil untuk atur atau kelola uang tersebut, lho.

Si kecil tentu belum paham betul soal pengaturan keuangan, apalagi salam tempel atau THR yang diberikan oleh sanak saudara. Mungkin yang mereka ketahui adalah mereka bisa beli es krim dan permen semaunya karena uangnya banyak.

 

 

Eits, jangan konsumtif seperti itu, ya. Sebagai orang tua, kamu baiknya mengajarkan si kecil untuk mengelola uang THR tersebut. Bagaimana cara mengajarkannya? Tenang, sila simak bahasan di bawah ini untuk selengkapnya ya!

 

Beri Kepercayaan Untuk Simpan Uang

Sebagai orang tua, sudah pasti kamu akan mengajarkan si kecil untuk menabung soal uang, apalagi uang THR, nih. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk si kecil adalah memberi kepercayaan penuh untuk mereka simpan uang sendiri.

Dari sini kamu akan melihat tanggung jawab si kecil untuk mengatur uang yang ia miliki. Namun, tetap perhatikan ya – jika si kecil jajan secara impulsif, kamu perlu beri tahu soal prinsip menabung atau menyimpang uang. Dari sini juga, si kecil akan belajar untuk mengendalikan diri dan keinginannya.

 

Bantu si Kecil Buat Belanja!

Jika si kecil memang ingin membelanjakan uang THR nya untuk keperluan yang penting seperti sepatu, buku, tas sekolah atau sebagainya – kamu perlu dampingi untuk memberikan pengarahan dalam menggunakan uang THR yang ia punya.

Di bagian ini, kamu bisa memberi tahu si kecil kalau sebenarnya ada batasan-batasan yang perlu ia ketahui kalau tidak semua barang yang ia inginkan bisa dibeli dengan uang yang ia punyai. Jadi dari sini, ia akan belajar bagaimana memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting terlebih dahulu.

 

Pastikan Ada yang Ditabung

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau kamu pasti mengarahkan si kecil untuk pandai menabung. Kamu bisa mengajarkannya untuk menyisihkan sejumlah uang yang masih sisa dari belanja. Dari sini ia akan belajar untuk tidak berlebihan dan bisa menabung dengan baik.

 

Bagaimana Jika Belajar Berwirausaha?

Cukup mudah untuk memberi pelajaran wirausaha dengan anak. Kamu bisa mulai dari membuat kue dengan modal yang mereka miliki. Dari situ, mereka bisa diajarkan untuk mempunyai untung dari penjualan kue tersebut. Nah jika sudah tahu seperti itu, dijamin si kecil akan terasah nih kemampuannya!

 

Berbagi dan Beramal

Yang ini jelas tidak boleh kamu lupakan atau tinggalkan untuk diajarkan si kecil, ya. Pastikan kamu mengajarkan si kecil untuk punya rasa empati kepada sesama sehingga ia tahu untuk berbagi dan beramal. Terangkan juga kepada si kecil dengan pendekatan agama kalau beramal adalah salah satu kewajiban yang mesti dilakukan untuk mendapat pahala.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelaskan cara-cara sederhana untuk bantu si kecil mengelola uang THR nya? Bisa kamu terapkan ya untuk si kecil!

 

Feature Image – mamapapa.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!