Nggak Bikin Berat Badan Naik! 4 Camilan Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Sehabis Lebaran

Nggak Bikin Berat Badan Naik! 4 Camilan Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Sehabis Lebaran

font size A Ǎ

Lebaran sudah tiba! Meskipun merayakan idul fitri di rumah saja, karena adanya kebijakan PSBB yang diberlakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19, tapi menyiapkan makanan serta camilan khas lebaran tetap tak bisa dilewatkan ya.

Saat lebaran, pasti kamu menyiapkan berbagai camilan kue- kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, dan lain sebagainya. Kue- kue kering ini ternyata memiliki kalori yang cukup tinggi lho! Nah, untuk meneteralisirnya kamu bisa nih konsumsi camilan sehat setelah lebaran, agar berat badan tak naik, tidak lagi merasa begah, dan juga baik untuk kesehatan tubuh.

 

Nggak Bikin Berat Badan Naik! 4 Camilan Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Sehabis Lebaran

Credit: healthline.com

Ada cukup banyak pilihan camilan sehat yang dapat kamu konsumsi. Berikut ini 4 diantaranya.

Kacang- Kacangan

Camilan sehat pertama yaitu kacang- kacangan. Camilan ini mungkin sudah sering kamu temui saat lebaran ya. Kacang- kacangan bisa jadi pilihan yang sehat karena mengandung serat, protein nabati, serta fitonutrien yang tinggi. Ada berbagai macam kacang yang bisa kamu konsumsi, seperti kacang tanah, kacang mede, atau kacang pistachio.

Agar asupan lemak tetap terkontrol, usahakan untuk memasak kacang dengan cara dipanggang, sehingga kandungan lemak tetap rendah. Dan pastikan tidak mengonsumsi kacang secara berlebihan ya.

Buah Kering

Jika sajian buah segar mungkin cenderung tidak awet, sebagai alternatif kamu dapat memilih buah kering sebagai sajian camilan sehat saat lebaran. Kamu dapat menyajikan kismis, kurma, atau buah prune yang mengandung kandungan gula alami, sehingga dapat memberikan rasa manis yang lebih sehat untuk tubuh.

Selain itu, buah juga mengandung serat yang dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Tapi, tetap pastikan kamu memilih buah kering alami yang diolah tanpa tambahan gula.

Nggak Bikin Berat Badan Naik! 4 Camilan Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Sehabis Lebaran

Credit: archanaskitchen.com

Biskuit Gandum

Camilan sehat yang dapat kamu konsumsi berikutnya adalah biskuit gandum. Jenis biskuit ini biasanya mengandung serat yang baik untuk saluran pencernaan tubuh. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan penyerapan kolesterol tubuh sehingga kadar lemak dalam tubuh dapat berkurang.

Biskuit gandum adalah pilihan camilan sehat yang tepat saat lebaran, terutama untuk mengimbangi makanan bersantan yang kamu konsumsi seperti opor, gulai, dan lain sebagainya.

Kue Kering Rendah Lemak

Kalau kamu masih ingin mengonsumsi kue kering, usahakan pilih yang memiliki topping dari buah alami atau kacang- kacangan. Kombinasi kue kering dengan buah atau kacang- kacangan dapat memberikan asupan lemak yang rendah serta kaya akan kandungan sehat.

Nah, bagaimana nih kamu sudah tahu ya pilihan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi setelah lebaran agar berat badan tak semakin naik? Dan meskipun lebaran hanya di rumah saja, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya.

Tetap terapkan budaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah, tetap berolahraga secara rutin, cukupi kebutuhan cairan, dan usahakan tidur selama 7-8 jam semalam.

Untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, konsumsi pula multivitamin seperti Enervon-C dua kali sehari. Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, yang secara optimal dapat menjaga daya tahan tubuh, serta membantu proses metabolisme sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

 

Featured Image - hungryhealthyhappy.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!