3 Tips Sederhana Untuk Jaga Kulit Anak Tetap Sehat Selama di Rumah Saja

3 Tips Sederhana Untuk Jaga Kulit Anak Tetap Sehat Selama di Rumah Saja

font size A Ǎ

Selama masa karantina mandiri, masalah kulit sering menghampiri, mulai dari kulit lebih mudah kering karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC, hingga timbulnya iritasi. Hal ini tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga anak- anak.

Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit anak, yaitu internal yang berasal dari genetik, ras, dan hormonal. Serta faktor eksternal, diantaranya termasuk sinar matahari, kelembapan dan suhu, paparan bahan yang mengiritasi kulit, serta metode perawatan kulit yang kurang tepat untuk anak.

 

3 Tips Sederhana Untuk Jaga Kulit Anak Tetap Sehat Selama di Rumah Saja

Credit: parenting.firstcry.com

Selama masa pandemi ini, anak pasti juga jadi lebih sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Terkena paparan produk tersebut secara berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kulit anak, seperti gatal dan perih. Bahkan, pada anak dengan kulit sensitif, ini dapat menyebabkan timbulnya eksim atau dermatitis.

Oleh karena itu, ada 3 hal yang perlu diperhatikan orang tua agar kesehatan kulit anak tetap terjaga. Berikut ini ulasannya.

Cuci Tangan

Sebenarnya, perawatan kulit anak dan orang dewasa tak jauh berbeda. Tetap budayakan mencuci tangan secara rutin selama 20 detik untuk membunuh kuman atau virus yang menempel. Lakukan rutinitas ini sebelum dan sesudah makan, serta setelah bermain. Dan usahakan untuk memberikan anak hand sanitizer pada anak saat ia berada di luar rumah saja.

Selain itu, jaga kebersihan kulit anak dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun dengan kandungan pelembap.

3 Tips Sederhana Untuk Jaga Kulit Anak Tetap Sehat Selama di Rumah Saja

Credit: parenting.orami.co.id

Gunakan Pelembap

Aplikasikan pelembap pada anak setelah ia mencuci tangan. Pelembap berfungsi untuk mengganti minyak alami pada kulit, melapisi kulit yang kering atau pecah- pecah, dan membentuk lapisan pelindung kulit.

Tidak hanya setelah mencuci tangan, usahakan anak untuk menggunakan pelembap maksimal 3 menit setelah ia mandi. Setelah mandi, kulit masih dalam kondisi lembap dan ini dapat membantu memaksimalkan penyerapan produk.

Untuk kulit wajah anak, usahakan untuk memilih pelembap dengan tekstur ringan atau berupa lotion. Sedangkan untuk tangan dan kakinya, pilihlah pelembap dalam bentuk krim.

Berjemur Secara Rutin

Berjemur secara rutin dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Ajak anak untuk rutin berjemur di pagi hari. Tapi ingat, hindari mengajak anak berjemur setiap hari ya, karena kulitnya bisa terbakar dan timbul kemerahan. Jadi, cukup lakukan 2-3 kali saja dalam seminggu sekitar pukul 9 pagi.

Ajak anak berjemur secara bertahap dari hari ke hari dalam sepekan. Misalnya, pada hari Senin biarkan anak berjemur selama 5 menit, lalu pada hari Rabu lakukan selama 10 menit, dan di hari Jumat biarkan ia berjemur selama 15 menit.

Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan anak seperti kamar tidurnya. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik di dalam kamarnya. Dan pastikan kebersihan kasur, bantal, guling, selimut, serta barang- barang lainnya yang ada di dalam kamar anak tetap terjaga.

 

 

Featured Image - parents.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!