9 Perubahan yang Bisa Terjadi di Industri Perhotelan Usai Pandemi

9 Perubahan yang Bisa Terjadi di Industri Perhotelan Usai Pandemi

Salah satu industri yang terkena secara langsung dampak dari Covid-19 adalah industri pariwisata. Di dalam industri pariwisata, tentu ada akomodasi penginapan dan lainnya. Mereka yang berkecimpung di industri tersebut, jelas mengalami dampaknya.

Bicara soal akomodasi penginapan, tentu tidak jauh dari perhotelan. Industri ini benar-benar merasakan langsung bagaimana pandemi virus corona ini membuat hampir semua orang tidak berani berpergian, dan bahkan berpergian sementara ini dilarang.

 

 

Oleh karena itu, untuk tetap bisa terus bertahan di pandemi dan setelah pandemi nanti yang digadang-gadang dengan istilah the new normal – para pebisnis perhotelan mesti memerhatikan banyak hal. Dari situs lonely planet yang dilansir dari detik.com – setidaknya ada 9 perubahan pada industri hotel nantinya.

Menurut kamu apa sajakah sembilan perubahan tersebut? Apakah termasuk tidak adanya lagi sarapan prasmanan yang biasanya dilakukan bersama dengan tamu hotel lainnya? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

9 Perubahan yang Bisa Terjadi di Industri Perhotelan Usai Pandemi

credit: tribunnews.com

 

Kebersihan Meningkat Tajam

Jika memang nanti pada saat the new normal industri perhotelan akan bergerak lagi, satu hal yang akan mereka tonjolkan adalah peningkatan kebersihan yang tajam. Dengan memerhatikan berbagai protokol kesehatan dan kebersihan, hotel tentu akan berlomba untuk hal ini agar banyak tamu yang percaya dengan hotel-hotel tersebut.

Di Amerika Serikat, sudah ada protokol yang bernama CleanStay – di mana protokol ini menunjukan kamar yang disegel setelah terakhir dibersihkan. Ini artinya kamar tersebut sudah bersih dan tidak ada yang masuk ke kamar tersebut.

 

Makan Prasmanan?

Sepertinya hal ini akan ditiadakan. Hal ini terkait dengan jumlah orang yang akan berkerumun untuk sarapan bersama – sepertinya akan banyak orang yang akan menghindari hal tersebut. Oleh karena itu, ada prediksi jika makanan, baik sarapan, makan siang atau bahkan makan malam, akan langsung diantar ke kamar masing-masing tamu.

 

Teknologi yang Memudahkan

Selain memudahkan, penggunaan teknologi bisa jadi mengurangi interaksi kamu dengan mereka yang ada di lobi hotel. Misalnya, kamu nanti bisa melakukan check-in mandiri, atau bahkan secara virtual hanya dengan menggunakan smartphone.

 

Fasilitas Pendukung

Seperti yang kamu ketahui, hotel tentu punya fasilitas pendukung seperti kolam renang, tempat kebugaran, sampai binatu yang bisa mengakomodir banyak kebutuhan tamu. Tapi prediksi ke depan, bisa jadi hal-hal ini akan berubah standar operasionalnya.

 

Formulir Kesehatan

Hal ini mungkin akan jadi tambahan tersendiri buat kamu yang akan traveling dan menginap di hotel – fomulir kesehatan mesti kamu isi jika kamu ingin mendapatkan kamar di hotel tersebut. Formulir kesehatan mungkin akan didukung oleh permintaan surat rekomendasi sehat dari rumah sakit terkait untuk memastikan kamu kalau sehat-sehat saja.

 

Cara Promosi?

Media sosial sepertinya akan jadi garda paling depan untuk mempromosikan serta memberitahukan apa saja yang terbaru dari hotel terkait. Strategi marketing ini dinilai cukup efektif karena kebiasaan banyak orang sekarang ini tidak bisa lepas dari media sosial.

 

Bonus Bonus Bonus

Siapa yang tidak kepincut dengan bonus yang menggiurkan ketika kamu ingin menginap di suatu hotel. Termasuk ke salah satu strategi marketing dan program loyalitas mereka terhadap pelanggan atau tamu hotel, tentu banyak manfaat yang akan mereka tawarkan ke kamu. Misalnya paket kebersihan yang lengkap untuk beberapa hari ke depan selama kamu menginap di sana.

 

Membuat Kamar Minimalis

Mungkin tetap akan ada hotel dengan kamar yang mewah – tapi untuk sekarang ini, ada prediksi kalau kamar hotel akan jadi minimalis dan sesuai dengan fungsi-fungsinya saja. Hal ini tentu terkait dengan prosedur perawatannya seperti penggunaan desinfektan untuk membersihkan kamar.

Jika barang-barang kamar semakin sedikit, tentu proses membersihkan dan perawatannya jadi lebih cepat dan hemat.

 

Tren Staycation Berlangsung Lama

Jika berpergian masih menjadi hal yang diragukan – staycation diprediksi akan jadi tren traveling yang digandrungi banyak orang karena dinilai aman dan tidak melepaskan semua nilai dari traveling itu sendiri. Wah, apakah kamu sudah ada rencana untuk staycation?

 

 

Feature Image – pluang.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!