Beberapa Alasan Dari Dokter Jiwa Buat Kamu yang Susah Tidur di Pandemi Corona

Beberapa Alasan Dari Dokter Jiwa Buat Kamu yang Susah Tidur di Pandemi Corona

font size A Ǎ

Tekanan hidup yang berlebihan tentu akan langsung berdampak pada tubuh kita. Percaya atau tidak, susah tidur adalah salah satu tanda kalau kita mendapatkan tekanan yang luar biasa. Ini tidak bisa kamu diamkan saja, mesti ada aksi untuk menyelesaikan masalah itu.

Terlebih pada saat pandemi Covid-19 seperti ini, banyak orang yang mendapatkan tekanan karena banyak penyebab – salah satunya yang berdampak langsung adalah di rumahkannya mereka, gaji dipotong 50% bahkan sampai kepada pemberhentian kerja.

 

 

Jelas untuk mencukupi kebutuhan, para pegawai mengandalkan gaji mereka. Tapi kalau sudah tidak mendapatkan gaji atau gajinya terpotong setengah? Jelas hal-hal seperti ini akan membuat kamu susah untuk tidur atau beristirahat.

Rasa cemas yang berlebihan, bahkan sampai ke tahap depresi diprediksi akan hinggap di tubuh kamu. Selain itu, untuk kesehatan fisik, sistem imun atau sistem kekebalan tubuh juga akan menurun jika kamu kesulitan untuk tidur dan istirahat. Hal ini jelas berbahaya buat kamu.

 

Rutinitas Harian yang ‘Baru’ Bisa Jadi

Penyebab Kamu Sulit Untuk Tidur

Dilansir dari situs detik.com – dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS. Siloam Bogor, menyatakan kalau kesulitan untuk tidur atau istirahat pada malam hari pada saat pandemi seperti ini pemicunya bisa disebabkan oleh rutinitas harian yang ‘baru’ rasa cemas sampai rasa depresi yang ada.

Menurut dr Lahargo, rutinitas yang ‘baru’ karena pandemi virus corona ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk menyesuaikan diri lagi dengan hal yang ada sekarang ini. Misalnya, kamu yang terbiasa bersekolah, pergi ke kampus atau ke kantor, sekarang mesti di rumah saja melakukan aktivitasnya.

PSBB, social-physical distancing adalah beberapa aturan yang membuat kamu tetap di rumah saja sementara dan melakukan aktivitas harian di sana. Menurut dr Lahargo, jelas ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Menurutnya juga, lebih banyak berada di rumah membuat irama sirkardian tubuh terganggu karena kurang terpapar cahaya matahari sampai siklus tidur dan bangun yang terganggu. Buat kamu yang masih WFH, bisa saja terjadi oversleep di pagi hari karena kamu merasa tidak perlu buru-buru lagi.

Hal ini membuat pagi hari kamu jadi tidak se-semangat sebelumnya nih. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui lagi untuk menyelesaikan masalah sulit tidur tersebut. Pertama, ada baiknya kamu mengikuti jadwal harian kamu layaknya seperti mau berangkat ke kantor.

Misalnya kamu tetap bangun pagi, mandi sampai bersih, mengenakan pakaian ke kantor dan sarapan. Hal ini akan membuat kamu lebih semangat karena layaknya kamu pergi ke kantor seperti biasa. Memang sih, kamu tetap di rumah saja, tapi kamu bisa memodifikasi meja kerja kamu di rumah layaknya yang ada di kantor, lho.

 

 

Selanjutnya, kamu bisa terus tetap berhubungan dengan teman kantor melalui berbagai platform agar kamu merasa seperti sedang di kantor sungguhan. Lagipula tentu ada pekerjaan yang mesti dikerjakan bersama, kan?

 

Feature Image – nationalgeographic.grid.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!