Cara Mencuci Berbagai Jenis Sayuran Untuk Hindari Paparan Virus Corona

Cara Mencuci Berbagai Jenis Sayuran Untuk Hindari Paparan Virus Corona

font size A Ǎ

Buat kamu yang sekarang tidak ke mana-mana dulu, alias di rumah saja, bagaimana nih cara kamu memenuhi kebutuhan sehari-hari? Belanja secara online adalah salah satu cara yang direkomendasikan buat kamu, termasuk belanja sayuran dan buah, lho!

Kamu hanya tinggal pilih sayuran dan buah apa yang mau dibeli dan dikonsumsi, lalu kamu tunggu ada kurir atau ojek online yang mengantarkan belanjaan kamu. Cukup mudah ya! Nah tapi ada yang mesti kamu perhatikan nih!

 

 

Karena belanja online kamu tentu tidak tahu bagaimana proses sayuran dan buah itu pada saat tahap pembelian dan sampai di rumah kamu. Untuk mencegah adanya virus berbahaya di sayuran dan buah yang kamu beli, ada beberapa cara untuk mencucinya, lho.

 

Pertama, Untuk Sayuran Hijau

Agar tidak terpapar virus berbahaya, sayuran hijau yang sudah kamu dapat, jelas harus kamu cuci terlebih dahulu. Mengingat sayuran hijau biasanya memiliki lembaran daun dengan berbagai ukuran, kamu pastikan setiap lembarnya terkena air saat mencucinya, ya.

Kamu bisa cuci sayuran hijau ini dengan menggunakan wadah yang sudah kamu isi dengan air bersih. Lalu bisa kamu rendam berbagai sayuran hijau tersebut di wadah itu. Sejenak kamu rendam, lalu kibaskan sayuran hijau tersebut agar jika ada kotoran, akan terlepas dari daun atau batang sayurannya.

Kamu bisa ulangi gerakan ini beberapa kali dengan mengganti air di dalam wadah untuk memastikan sayuran hijau yang kamu cuci ini bersih dari kotoran. Setelah itu, bisa kamu tiriskan agar air yang menempel di sayuran tersebut mengalir jatuh ke bawah ya.

 

Kedua, Sayuran Berakar

Apa saja sih sayuran berakar? Umbi-umbian seperti wortel, kentang, lobak dan bit serta lainnya adalah termasuk ke kelas sayuran yang berakar. Bagaimana cara mencuci sayuran jenis yang satu ini?

Kamu bisa memulai menggosok-gosokan sayuran akar tersebut di bawah keran air yang mengalir ya. Menggosoknya menggunakan sikat halus saja agar si sayuran akarnya itu tidak rusak. Pastikan jika memang ada kotoran, kotorannya sampai hilang lalu tiriskan.

 

Ketiga, Jamur

Jamur yang mempunyai sifat menyerap air, biasanya dicuci dengan ala kadarnya saja. Tapi untuk mencegah sayuran jamur kamu terinfeksi virus berbahaya, kamu bisa mencucinya dengan cara menggunakan wadah saringan, lalu cuci jamur di bawah keran air yang mengalir.

Jika sudah bersih, pastikan kamu tiriskan sejenak agar air yang ada di jamur tidak menempel dan keluar hingga jamur terlihat bersih dan kering.

 

Keempat, Sayuran atau Buah Bertekstur Lunak

Kurang lebih mungkin akan sama seperti sayuran berakar untuk mencuci sayuran atau buah yang bertekstur lunak. Tapi ada perbedaan saat menggosoknya. Untuk yang bertekstur lunak, kamu tidak perlu sikat untuk menggosoknya.

Cukup gunakan tangan kamu untuk membasuh dan menggosok secara perlahan si sayuran dan buah bertekstur lunak tersebut. Pastikan juga kamu mencucinya di bawah keran air yang mengalir ya. Jika dirasa sudah bersih, jangan lupa untuk tiriskan.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas bagaimana mencuci sayuran dan buah yang kamu beli dari online? Jangan lupa untuk kamu terapkan agar kamu dan keluarga terhindar dari berbagai penyakit termasuk virus berbahaya ini ya!

 

Feature Image – food.detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!