Sebagai orangtua pasti menginginkan anak yang sehat, dan akan melakukan berbagai hal untuk mencegah anak sakit. Faktanya, ada banyak bakteri, virus, dan mikroba lain yang mengintai kesehatan si kecil. Jika tidak diperhatikan, anak akan mudah terkena penyakit.

Dalam hal ini, sebenarnya tidak perlu melarang anak main di luar karena takut terkena bakteri. Kamu hanya butuh lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Jangan lewatkan jadwal imunisasinya

Credit: Tribun News

Saat ini, masih banyak orangtua yang masih menyepelekan imunisasi. Padahal, cara ini sudah terbukti dapat mencegah anak sakit akibat berbagai kuman penyakit. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa imunisasi telah menyelamatkan nyawa 2-3 miliar anak di dunia setiap tahunnya dari kematian akibat penyakit infeksi.

Ada banyak jenis imunisasi yang harus dilakukan oleh anak, dari balita hingga usia sekolah. Masing- masing imunisasi punya jadwalnya sendiri dan tidak boleh dilewatkan. Jadi, pastikan kalau kamu selalu membawa si kecil ke fasilitas kesehatan untuk diimunisasi, sesuai dengan jadwalnya.

2. Membiasakan si kecil untuk cuci tangan

Credit: Jawa Pos

Cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir bisa mencegah penuliaran bakteri penyakit. Kebiasaan mencuci tangan ini mampu melindungan 1 dari 3 anak diare, dan 1 dari 5 anak dari resiko penyakit infeksi saluran napas.

Ada baiknya kamu membiasakan si kecil untuk melakukan hal ini, terutama sebelum makan, setelah bermain, dan sehabis dari kamar mandi.

3. Jangan makan makanan yang sudah jatuh ke lantai 

Credit: Jawa Pos

Meski ada yang bilang kalau makanan jatuh itu penuh dengan bakteri, tetapi masih banyak orang yang tetap memakannya. Padahal, makanan yang jatuh akan langsung ditutupi dengan bakteri meski jatuhnya baru beberapa detik saja.

Hal ini penting untuk diberitahukan kepada anak. Karena biasanya anak- anak tidak peduli dengan hal ini dan cenderung tidak terima ketika makanannya jatuh. Maka, kemungkinan anak akan tetap mengambilnya dan kemudian dimakan.

4. Hentikan kebiasaan menggigit kuku

Credit: Hipwee

Anak akan mudah terkena penyakit ketika memiliki kebiasaan dalam menggigit- gigit kuku. Padahal, ada banyak bakteri yang menempel pada kuku dan akan sangat mudah berpindah ketika anak menggigit kukunya.

Bakteri yang menempel pada kuku bisa menyebabkan anak mengalami berbagai penyakit seperti diare atau gangguan pencernaan lainnya. Jadi, ada baiknya kamu memperingatkan si kecil untuk menggigit kuku, memotong kuku jika sudah panjang dan selalu mencuci tangan.

5. Sediakan makanan yang diolah dengan bersih dan higienis

Credit: Hipwee

Kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak juga tidak kalah penting. Pastikan jika semua makanan yang diberikan diolah dengan bersih dan baik. Karena, kontaminasi makanan akibat bakteri dapat membuat anak terserang penyakit.

Jadi, pastikan kalau semua makanan yang dikonsumsi bersih dan jauh dari kontaminasi bakteri. Dan usahakan untuk memasak dan mengolah makanan sendiri daripada membeli makanan dari luar, sehingga kamu bisa mengukur kebersihannya.

Featured Image - Tribun News