Menerapkan Protokol Kesehatan Jadi Syarat Utama Jalankan New Normal

Menerapkan Protokol Kesehatan Jadi Syarat Utama Jalankan New Normal

font size A Ǎ

Sampai kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir?

Mungkin pertanyaan ini tidak hanya kamu yang menanyakannya, tapi hampir semua orang yang terkena dari dampak virus corona yang berbahaya ini. Belum lama ini, ada wacana untuk ‘berdamai dan hidup berdampingan dengan virus ini’. Hal tersebut diistilahkan dengan nama new normal.

Dilansir dari CNN Indonesia, beradaptasi di kondisi baru nanti atau new normal adalah salah satu langkah atau jalan keluar untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Untuk menjalankan hal tersebut, ada protokol kesehatan yang mesti kamu terapkan.

Penerapan berbagai protokol kesehatan sepertinya memang jadi salah satu syarat utama untuk menjalani hidup di kondisi new normal nanti. Hal ini juga diingatkan oleh seorang dokter sekaligus influencer kece yaitu Tirta Mandira Hudhi.

 

 

Dr Tirta, pada konferesi persnya bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana di beberapa waktu lalu, menyatakan kalau new normal ini bisa diterapkan jika hal penting seperti protokol kesehatan diterapkan dan dipatuhi bersama-sama.

 

Protokol Kesehatan Jadi Pencegahan Covid-19

Sejak pertama kali virus corona atau Covid-19 mewabah di Wuhan, Tiongkok – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO langsung mengingatkan masyarakat dunia agar menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat.

Hal tersebut tentu berkaitan dengan penerapan berbagai protokol kesehatan yang dinilai bisa bantu kamu untuk terhindar dari paparan virus corona ini. Memangnya, apa saja sih protokol kesehatan yang dimaksudkan?

Masih dari situs yang sama, protokol kesehatan yang dimaksudkan adalah:

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun, atau minimal membawa hand-sanitizer untuk pastikan tangan kamu selalu bersih.
  • Menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah.
  • Tidak menyentuh bagian wajah ketika beraktivitas di luar rumah.
  • Menghindari kerumunan.
  • Jaga jarak fisik atau physical distancing.

Tidak hanya poin-poin yang disebutkan di atas saja, tapi juga kamu semua disarankan untuk menjaga pola makan dan perhatikan asupan nutrisi karena kamu perlu daya tahan tubuh yang baik dan kuat agar virus tersebut tidak bisa hinggap di tubuh kamu.

Selain memerhatikan asupan nutrisi dan menjaga pola makan yang sehat, kamu juga dianjurkan untuk mempunyai waktu istirahat yang teratur. Seperti yang diketahui kalau orang dewasa sebaiknya punya waktu istirahat atau jam tidur selama 7-8 jam setiap malam.

 

Menurut Dokter Tirta Soal New Normal

Masih dari situs yang sama juga, dr Tirta menyatakan kalau Covid-19 ini tidak bisa hilang total. Virus ini hanya bisa dikendalikan layaknya TBC dan malaria. Virus ini bisa dikendalikan sampai ke titik minimal.

 

 

Masih dari dr Tirta, yang menyatakan kalau masyarakat mesti paham dengan hal ini. Namun tetap terus menjalani berbagai protokol kesehatan yang sudah dibahas sebelumnya di atas. Sehingga, kamu bisa hidup seperti biasa di keadaan seperti ini.

 

Feature Image – forbes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!