5 Tahap Pertahankan Kesehatan  di Tengah Adaptasi New Normal

5 Tahap Pertahankan Kesehatan di Tengah Adaptasi New Normal

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, selama masa ini masyarakat jadi lebih sadar mengenai pentingnya hidup sehat dan bersih, terutama sebentar lagi kita akan menghadapi pola hidup normal baru.

Nantinya, setelah PSBB dilonggarkan oleh pemerintah, para pekerja yang berusia 45 tahun diperolehkan kembai beraktivitas, namun tetap menerapkan kebiasaan baik yang sudah dijalani sebelumnya. Lalu, bagaimana cara mempertahankan pola hidup sehat dan bersih selama masa adaptasi new normal? Dan apa saja perubahan perilaku masyarakat yang mungkin terjadi ketika menjalani hidup normal baru?

Berikut ulasan lengkapnya.

Langkah Mempertahankan Pola Hidup Sehat dan Bersih Di Tengah Pandemi

5 Tahap Pertahankan Kesehatan  di Tengah Adaptasi New Normal

Credit: rukita.co

Saat kamu kembali beraktivitas di luar rumah, rasa cemas dan khawatir mungkin masih sering menghampiri. Mengingat Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang dan penyebaran virus bisa terjadi dimana saja.

Agar tetap aman saat kembali beraktivitas, lakukan kelima langkah ini.

  1. Disiplinkan diri dan tanamkan pesan ‘memutus rantai penyebaran Covid-19 jauh lebih baik, daripada menjadi penyebar virus tersebut’. Dengan begitu, keinginan dari dalam diri untuk konsisten menerapkan hidup sehat dan bersih bisa muncul.
  2. Tetap waspada serta menerapkan physical distancing dan hindari keramaian.
  3. Lanjutkan rutinitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand sanitizer dengan bahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan, terutama setelah menyentuh benda- benda yang ada di tempat umum, seperti gagang pintu atau pegangan pada tangga.
  4. Agar praktis, selalu siapkan hand sanitizer di dalam tas.
  5. Selalu gunakan masker (medis maupun kain) ketika keluar rumah.

Perubahan Perilaku Masyarakat Di Tengah Pandemi

5 Tahap Pertahankan Kesehatan  di Tengah Adaptasi New Normal

Credit: thehurstcampus.co.za

Berdasarkan survey McKinsey, ada beberapa kekhawatiran yang muncul selama pandemi, yaitu:

  • 61 persen merasa khawatir karena tidak mengetahui berapa lama kondisi ini berlangsung.
  • 61 persen khawatir pada keselamatan diri sendiri dan keluarganya.
  • 45 persen justru masih berkontribusi dalam penyebaran virus.

Dari kekhawatiran inilah yang memotivasi masyarakat untuk mengubah perilaku hidup mereka jadi lebih bersih, mulai dengan menjaga kebersihan tangan, rutin mengonsumsi air putih, rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak makan sayur serta buah, hingga mengonsumsi suplemen atau multivitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Saat menjalani hidup normal baru, masyarakat sebaiknya tetap disiplin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. Kebiasaan baik ini perlu diterapkan untuk mencegah penyebaran virus, terutama sebelum vaksin Covid-19 ditemukan.

 

Featured Image - cbc.ca

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!