Beberapa Kebiasaan Baru di Dunia Kerja Terkait Dengan Adaptasi New Normal

Beberapa Kebiasaan Baru di Dunia Kerja Terkait Dengan Adaptasi New Normal

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 ini memang sangat luar biasa. Hal ini bisa dilihat kalau virus corona akhirnya memaksa manusia untuk hidup berdampingan dengannya. New Normal jadi istilah baru untuk fase berikutnya. Apakah kamu siap untuk beradaptasi lagi?

Hampir semua aspek terkena dampak dari pandemi Covid-19, tidak terkecuali dunia kerja. Jelas, tantangan selanjutnya adalah beradaptasi lagi untuk fase new normal nanti. Setiap orang mesti bersiap diri untuk memasuki fase ini.

 

 

Pekerjaan di Kantor!

Beberapa Kebiasaan Baru di Dunia Kerja Terkait Dengan Adaptasi New Normal

credit: kompas.com

Untuk dunia kerja – tentu ada berbagai perubahan yang akan terjadi terkait dengan adaptasi new normal ini. Kemungkinan pertama yang akan terjadi di dunia kerja adalah tidak adanya lagi rapat bertatap muka sampai berjam-jam lamanya.

Hal ini jelas mengikuti berbagai protokol kesehatan yang ada seperti physical distancing yang mesti ditaati di manapun, termasuk di dunia kerja. Oleh karena itu, waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor tentu akan semakin berkurang, karena kamu lebih aman di rumah saja.

Tapi jelas, kewajiban menyelesaikan pekerjaan pasti tetap ada, hanya saja waktu untuk berada di kantor nantinya akan dibatasi. Siap tidak siap – kita akan dituntut untuk lebih efisien untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Masih soal pekerjaan kantor – ada kemungkinan juga untuk berlanjutnya kebiasaan menyelesaikan pekerjaan kantor dari rumah atau WFH. Hal ini dinilai menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyelesaikan tanggung jawab kantor dan kamu tetap berada di rumah.

Teknologi jadi jawaban untuk hal tersebut. Perkembangannya jadi proses siapapun yang menjalaninya. Seperti menurut Psikolog Klinis Personal Growth, Veronica, di situs CNN Indonesia ia mengatakan kalau fase new normal ini bisa jadi meneruskan WFH dan mengoperasikan bisnis berbasis online.

 

Penggunaan Teknologi

Masih dari Veronica di situs yang sama – ia menjelaskan kalau nantinya hampir semua orang dituntut untuk bisa mempunyai kemampuan menggunakan teknologi yang terus berkembang ini. Seperti menggunakan berbagai platform video conference, membiasakan diri dengan video meeting online sampai mengikuti webinar.

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi yang mumpuni ini juga bisa membuat seseorang akan mahir untuk presentasi secara online. Mereka akan dituntut untuk bisa mempunyai kemampuan untuk berbicara di depan gawai.

 

Meningkatkan Berbagai Kemampuan Dasar

Terlepas dari penggunaan teknologi yang memang mesti kamu kuasai, ada beberapa hal lainnya yang akan ikut berubah seiring fase new normal yang satu ini. Ketrampilan diri atau kemampuan dasar yang sebelumnya kamu sudah miliki pun akan meningkat.

Seperti dari manajemen diri, waktu sampai berpikir kreatif dan terbuka untuk memecahkan masalah, semua kemampuan dasar tersebut akan meningkat karena memang kamu membutuhkan kemampuan tersebut.

Kemudian, berpikir secara terbuka dan menerima kenyataan yang ada seperti adaptasi new normal ini adalah hal yang penting. Seperti penyesuaian diri terhadap segala perubahan, bersikap lebih fleksibel dan mau belajar hal baru.

 

 

Nah itu beberapa hal yang akan berubah secara signifikan di dalam dunia kerja. Menurut kamu, apakah kamu sudah siap untuk beradaptasi dan menerima segala perubahan yang ada nantinya?

 

Feature Image – okezone.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!