Vitamin C: Manfaat Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

Vitamin C: Manfaat Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

Di masa pandemi Covid-19, sepertinya semua orang langsung peduli dengan kebersihan dan kesehatan untuk dirinya dan keluarga. Mestinya tidak hanya saat pandemi saja tapi untuk setiap saat, kamu mesti peka dengan kesehatan tubuh ya.

Terkait dengan hal tersebut, hampir semua orang kaget untuk mengonsumsi segala asupan yang bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal dan tidak gampang sakit. Mulai dari asupan makanan dan minuman sehat, sampai ke multivitamin yang dinilai bisa bantu kamu untuk jaga daya tahan tubuh – semuanya dikonsumsi oleh kebanyakan orang.

Semoga pola hidup sehat seperti ini terus-menerus ada atau tidak pandemi di negara kita. Kesehatan itu nomer satu, lho. Bicara soal kesehatan dan asupan nutrisi yang mesti masuk ke tubuh agar punya daya tahan tubuh serta sistem imun yang kuat – salah satu zat yang banyak dibicarakan adalah Vitamin C.

Dilansir dari situs merdeka.com – Vitamin C adalah vitamin atau zat yang mudah larut di dalam air sehingga jika masuk ke tubuh, tentu akan mudah diserap. Untuk mendapatkan vitamin ini, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran segar, dan tentunya multivitamin yang mengandung Vitamin C.

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya Vitamin C ini mempunyai manfaat apa saja sih? Di bahasan kali ini, kamu akan mengetahui kalau manfaat serta fungsi dari Vitamin C ini tidak hanya untuk membantu tubuh mempunyai daya tahan tubuh yang optimal saja, lho.

 

 

Nah jadi penasaran kan, sebenarnya Vitamin C ini mempunyai manfaat dan fungsi apa saja untuk tubuh kita. Daripada menebak-nebak sendiri, sila kamu simak bahasan ini untuk mengetahuinya dengan lengkap dan komprehensif.

 

Manfaat dan Fungsi dari Vitamin C

Vitamin C: Manfaat Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

credit image: fenomagz.com

 

Dapat Mencegah Kanker

Percaya atau tidak, Vitamin C mempunyai manfaat dan fungsi untuk mencegah kanker. Ingatnya, manfaat dan fungsinya untuk mencegah penyakit berbahaya itu. Jika ditelisik lebih dalam, hal ini terkait dengan kemampuan Vitamin C yang bisa mengurangi kerusakan sel DNA.

Hal tersebut adalah langkah preventif yang mampu dilakukan oleh Vitamin C. Selain itu, zat ini juga bisa mengurangi perubahan inflamasi yang memungkinkan sel-sel ganas berkembang menjadi tumor yang berbahaya. Bahkan, Vitamin C juga bisa mengurangi kerusakan organ tubuh akibat efek samping pengobatan kanker seperti kemoterapi itu, lho.

 

Bisa Membentuk Kolagen

Vitamin C punya peran penting dalam sintesa kolagen. Kolagen adalah salah satu protein yang terdapat banyak pada kulit, tulang dan tulang rawan. Oleh karena itu, mengonsumsi rutin Vitamin C bisa membuat kamu mempunyai kulit kencang yang halus, mencegah penuaan dini serta membuat tulang lebih kuat.

 

Jaga Kesehatan Jantung

Terkait dengan pembentukan kolagen sebelumnya, vitamin yang satu ini bisa menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat struktur pembuluh darah dan otot jantung. Selain itu, Vitamin C juga bisa mencegah perubahan di sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Hal ini bisa membuat kamu terhindar dari serangan jantung.

 

Punya Kendali Untuk Diabetes

Bagaimana bisa? Perlu kamu ketahui kalau Vitamin C bisa bantu menurunkan kadar glukosa darah dan antioksidan yang terkandung di dalamnya untuk mencegah kerusakan organ yang akan terjadi pada mereka yang menderita diabetes, lho.

Hal ini akhirnya membuat Vitamin C bisa memantau kadar glukosa di dala mdarah sehingga penyakit diabetes dapat dikendalikan.

 

Solusi Dari Peradangan Kulit

Terkait dengan pembentukan kolagen yang bagus untuk kulit, ternyata Vitamin C juga mempunyai fungsi lain seperti perawatan penyakit kulit. Misalnya peradangan kulit, Vitamin C bisa memelihara struktur epidermis kulit sehingga bisa memperbaiki peradangan yang terjadi.

 

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Percaya atau tidak, banyak penelitian yang menyatakan jika seseorang mengonsumsi multivitamin yang mengandung Vitamin C yang cukup, bisa mengurangi tekanan darah sistolik sehingga kamu bisa terjaga dari tekanan darah tinggi.

 

Mengurangi Resiko Demensia

Nah yang satu ini juga penting, lho – Vitamin C bisa mengurangi resiko demensia dan menjaga fungsi otak agar bisa terus digunakan dengan baik. Demensia sendiri adalah gejala kesulitan berpikir dan mengingat.

Asupan Vitamin C yang cukup dari makanan dan multivitamin bisa melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seseorang walau usianya terus bertambah.

Wah bagaimana nih? Dari segala manfaat serta fungsi Vitamin C yang sudah dijelaskan di atas – apakah kamu masih mau melewatkan vitamin yang satu ini? Kamu bisa mendapatkan Vitamin C dari konsumsi sayuran dan buah-buahan segar.

 

 

Namun kondisi kamu yang sibuk dan butuh apapun dengan serba cepat, kamu tetap bisa kok memenuhi kebutuhan Vitamin C dengan cara mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C. Enervon-C mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu untuk selalu fit dan optimal dan tidak gampang sakit.

 

Feature Image – okezone.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!