Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah memang sudah menerapkan PSBB. Kebijakan ini tentu mengharuskan masyarakat untuk melakukan sebagian besar aktivitasnya di rumah saja, termasuk bekerja. Namun, beberapa waktu kedepan beberapa perusahaan di Jakarta sudah mulai mengumumkan bahwa karyawannya yang berusia di bawah 45 tahun dapat kembali bekerja di kantor.

Hal tersebut menyusul pola hidup new normal yang akan segera berlangsung.

 

Credit: ypo.org

Nah, kalau kamu termasuk yang akan segera kembali bekerja di kantor. Yuk, mulai persiapkan hal- hal berikut ini, agar kamu tetap aman dan nyaman ketika kembali beraktivitas di luar rumah selama pandemi.

Jaga Keamanan 

Kesehatan dan keamanan merupakan hal utama yang wajib kamu perhatikan ya. Ketika kembali ke kantor, kamu harus memastikan kondisi kantormu bersih dan aman dari virus.

Selain itu, tanyakan pada pihak perusahaan apakah langkah pembersihan secara menyeluruh sudah dilakukan. Karena, tidak ada salahnya lho kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu, agar kamu pun ikut merasa aman dan nyaman.

Pastikan meja kerja dan peralatan kerja sudah dibersihkan menggunakan disinfektan. Dan jangan lupa, gunakan hand sanitizer terutama setelah menyentuh benda- benda yang sering diakses banyak orang di kantor, seperti kulkas, meja makan, gagang pintu, maupun remote AC!

Etika Kesehatan

Ketika di kantor, selalu terapkan etika kesehatan seperti menggunakan masker, tutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk, dan hindari datang ke kantor ketika sedang sakit. Selain itu, ketika ada rekan kerjamu yang menunjukkan gejala Covid-19 segera ambil tindakan ya.

Update Dengan Informasi Baru

Perkembangan di tengah pandemi Covid-19 pasti terus berubah setiap saat. Oleh karena itu, penting lho untuk tetap up to date dengan informasi terkini yang terjadi di sekitarmu maupun di Indonesia secara keseluruhan. Dan jika ada sesuatu buruk yang terjadi di luar sana, perusahaanmu juga bisa segera mengubah kebijakan, jika diperlukan.

Credit: arenalte.com

Lakukan Meeting Secara Aman

Saat kamu kembali melakukan meeting, usahakan untuk membatasi jumlah peserta dan tetap menjaga jarak yang aman. Lalu, gunakan masker karena kamu harus melakukan interaksi dengan orang lain. Agar lebih aman, usahakan untuk membatasi kegiatan meeting dan sebisa mungkin selesaikan permasalahan melalui telepon, email, atau video call.

Kesehatan Mental

Tak hanya kesehatan fisik saja, tapi kesehatan mental juga harus diperhatikan ya. Perubahan yang terjadi belakangan ini sangat rentan membuatmu stres, mengalami gangguan kecemasan, atau depresi. Jadi, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli jika kamu merasa tidak nyaman dan tidak tenang ketika melakukan aktivitasmu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika kembali bekerja di kantor. Setelah beberapa bulan bekerja dari rumah, rutinitasmu pasti sudah berubah. Dengan kembali bekerja di kantor, tentu kamu perlu beradaptasi lagi ya dengan rutinitas dan lingkungan kerja. Lakukan proses adaptasi dengan perlahan agar kamu tak kaget dan produktivitas kerjamu tetap terjaga.

 

Featured Image - studyfinds.org