4 Cara Mendidik Anak Mengenai Sopan Santun yang Bisa Kamu Terapkan

4 Cara Mendidik Anak Mengenai Sopan Santun yang Bisa Kamu Terapkan

font size A Ǎ

Sopan santun adalah salah satu hal yang paling penting untuk tumbuh kembang si kecil. Dengan sopan santun dan budi pekerti, si kecil tentu tumbuh dengan karakter yang baik, dan disukai banyak orang. Agar seperti itu, bagaimana ya mengajarinya?

Orang tua adalah faktor penting untuk mengajarkan si kecil soal sopan santun dan budi pekerti. Kamu sebagai orang tua, mesti pintar-pintar untuk mengajari si kecil agar mempunyai karakter yang sesuai dengan norma atau aturan umum dan agama.

 

 

Oleh karena itu, dengan peran yang begitu penting, kamu mesti benar-benar mengetahui bagaimana caranya mengajarkan si kecil untuk punya sopan santun dan budi pekerti. Seperti di bahasan kali ini, setidaknya ada empat cara yang bisa kamu terapkan dalam mengajarkan hal tersebut.

Penasaran empat cara ini apa saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis agar kamu bisa mengajarkan si kecil untuk memiliki sopan santun dan budi pekerti yang sesuai.

 

4 Cara Kamu Untuk Terapkan Sopan Santun ke si Kecil

4 Cara Mendidik Anak Mengenai Sopan Santun yang Bisa Kamu Terapkan

credit image: woop.id

 

Berikan Contoh, Langsung Lakukan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengajarkan si kecil sopan santun dan budi pekerti adalah dengan mencontohkan dan kamu langsung lakukan hal tersebut. Misalnya, saat berjalan di kompleks rumah yang mendapati kumpulan orang tua, kamu bisa bilang ‘permisi, pak-bu’.

Dijamin si kecil akan menanyakan hal tersebut. Nah, kamu bisa ajarkan teorinya kalau lewat atau berjalan menemui seseorang yang lebih tua dari kamu, kamu bisa bilang permisi karena hal tersebut adalah hal yang baik dan sopan.

Dengan kamu yang mencontohkan secara langsung – si kecil tentu dengan sendirinya serta naluri pembelajarannya akan mengikuti hal tersebut. Oleh karena itu, sopan santunnya juga mulai dari diri kamu sendiri ya!

 

Utamakan Kata Tolong dan Terima Kasih

Ada beberapa perkataan sopan santun yang memang si kecil mesti ketahui. Tapi yang jelas, ada dua yang utama yaitu tolong dan terima kasih. Ajarkan si kecil dengan mencontohkannya secara langsung jika kamu butuh bantuan, kamu mesti bilang ‘tolong ambilkan [sesuatu] di meja’ misalnya.

Hal ini dengan sendirinya akan diikuti oleh si kecil karena kamu bisa beritahu jika ingin membutuhkan bantuan, kamu mesti minta tolong dengan sopan. Kemudian, biasakan jika sudah mendapatkan pertolongannya, ucapkan terima kasih.

 

Repetitif, Disiplin Melakukannya

Terkait dari hal-hal di atas, ada hal yang juga mesti kamu terapkan untuk menanamkan dengan benar soal sopan santun dan budi pekerti. Kamu mesti perlahan mengulang contoh-contoh sopan santun tersebut dengan baik.

Dari pengulangan tersebut, kamu secara tidak langsung juga menanamkan disiplin untuk si kecil agar selalu berperilaku sopan santun dan berbudi pekerti dengan baik.

 

Jika Ada Masalah, Beri Solusi

Jika si kecil bercerita soal masalah yang mereka hadapi, baik di sekolah, tempat les, atau tempat mereka bermain, pastikan kamu memberikan solusi untuk mereka. Hal ini terkait dengan rasa ingin didengar dan dimengerti dengan baik oleh orang tuanya.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup paham soal cara mengajarkan si kecil untuk punya sopan santun dan budi pekerti yang baik? Jangan lupa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!