Menggunakan Masker Ketika Berolahraga: Ini Saran Dokter dan Ahli

Menggunakan Masker Ketika Berolahraga: Ini Saran Dokter dan Ahli

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 di Indonesia akhirnya memasuki ke fase atau tahap ‘new normal di mana kamu bisa beraktivitas seperti biasa dan ‘berdampingan’ dengan virus ini. Menakutkan? Tidak juga, asal berbagai protokol kebersihan dan kesehatan tetap kamu terapkan.

Oleh karena itu, banyak pihak yang juga menyiapkan berbagai protokol kebersihan dan kesehatan untuk orang-orang yang terkait bekerja dengan mereka. Perkantoran misalnya, pengecekan suhu tubuh, perhatian untuk karyawannya yang sakit sampai hal-hal sederhana seperti menggunakan masker dan selalu cuci tangan dan tidak gampang sentuh wajah – adalah beberapa poin dari protokol yang dimaksud.

 

 

Terkait dengan penggunaan masker, tidak hanya kembali lagi ke kantor saja untuk mengenakan masker, untuk aktivitas seperti berolahraga, juga direkomendasikan untuk tetap menggunakan masker. Namun ada catatan tersendiri nih terkait hal ini.

Dilansir dari CNN Indonesia – Dokter spesialis olahraga, Michael Triangto menuturkan penggunaan masker saat berolahraga memang tetap dianjurkan. Namun ada hal yang mesti diingat kalau olahraganya sendiri mempunyai intensitas ringan sampai sedang saja.

Dari penjelasannya di situs yang sama, penggunaan masker tidak dianjurkan atau tidak direkomendasikan jika memang intensitas olahraga yang kamu lakukan tergolong berat. Penggunaan masker ini tetap diperuntukan untuk pencegahan infeksi virus corona.

 

Tidak Mesti Olahraga yang Intensitas Tinggi

Menurutnya, untuk olahraga sendiri – tidak perlu mesti selalu berolahraga yang intensitasnya tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Kamu bisa juga melakukan olahraga dengan intensitas ringan dan sedang seperti peregangan, sampai jalan pagi.

Menurut Michael, untuk menjaga kebugaran tubuh untuk tetap baik, kamu cukup melakukan olahraga ringan dan yang penting berkala atau teratur. Dengan begini, yang penting tubuh terbiasa untuk bergerak dan sehat.

Jika kamu tergolong atlet dan mesti melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi atau berat, kamu memang mesti melakukannya di dalam ruangan tertentu atau fasilitas olahraga dengan perlakuan yang khusus. Kalau ini, tentu tujuannya untuk mendapatkan prestasi, kan.

 

Tapi Apakah Aman Menggunakan Masker Saat Olahraga?

Memang penggunaan masker mengurangi aliran udara yang kamu hirup – tapi masih memungkinkan kamu bernapas dengan baik. Walau kadar oksigen yang dihirup akan berkurang, tapi ternyata tubuh bisa beradaptasi dengan hal tersebut.

Situasi tersebut mirip dengan ketika kamu berada di sebuah dataran tinggi seperti pegunungan. Kamu akan merasa sesak untuk bernapas karena kadar oksigen yang berkurang. Namun tetap bisa bernapas dengan baik karena tubuh beradaptasi.

 

 

Berdasarkan hal ini, seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau penggunaan masker saat berolahraga direkomendasikan ketika intensitas olahraganya sendiri ringan dan tidak berat. Jika memang mesti latihan olahraga yang intensitasnya berat, tentu aka nada perlakuan khusus lainnya.

 

Feature Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!