Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pernapasan Di Era New Normal

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pernapasan Di Era New Normal

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran virus corona, beberapa waktu lalu pemerintah sudah menerapkan kebijakan PSBB, yang mengharuskan sebagian besar orang tetap di rumah saja, termasuk dalam melakukan aktivitas harian seperti bekerja, belajar, hingga olahraga di dalam rumah.

Namun, sebentar lagi PSBB akan mulai dilonggarkan, ini berarti pola hidup new normal segera berlangsung dan masyarakat dapat melakukan aktivitasnya kembali, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19.

Ketika kita kembali beraktivitas di tengah pandemi, penting sekali untuk menjaga kesehatan termasuk saluran pernapasan. Lalu, apa saja cara yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan pernapasan saat beraktivitas di era new normal? Berikut ini ulasannya.

 

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pernapasan Di Era New Normal

Credit: cnnindonesia.com

Kurangi dan Kontrol Polusi Udara

Dikutip dari Dream, sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara jumlah pasien Covid-19 dengan tingkat polusi yang tinggi. Partikel yang ada dalam polusi udara dapat menjadi salah satu sumber penyebaran virus tersebut.

Selain itu, polusi udara juga dapat menurunkan imunitas tubuh, sehingga orang jadi lebih mudah terpapar virus. Padahal, sistem imun tubuh yang baik merupakan kunci utama untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jadi, usahakan untuk mengurangi serta mengontrol polusi udara. Misalnya, dengan lebih sering menggunakan kendaraan umum tapi tetap berjaga jarak antar penumpang ya, hindari membakar daun atau sampah, mendaur ulang, dan mematikan lampu ketika tidak digunakan.

Jaga Aliran Udara

Ventilasi pada ruangan dapat menjaga aliran udara menjadi tetap bersih dan sehat. Coba usahakan untuk membuka jendela ruangan secara rutin, agar udara tetap mengalir dan kesehatan paru- paru dapat terjaga. Selain jendela, kamu juga bisa lho membuat ventilasi sebagai tempar pertukaran udara.

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pernapasan Di Era New Normal

Credit: vox.com

Sesekali, Lakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Meskipun kamu dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah saja selama pandemi, tapi bukan berarti kamu tak keluar ruangan sama sekali ya. Sesekali, hiruplah udara segar atau olahraga di luar ruangan tapi sambil menjaga jarak antar individu. Kamu dapat bersantai di balkon rumah, halaman belakang, atau jalan pagi di sekitar rumahmu.

Hirup Napas Panjang

Agar kesehatan pernapasan semakin terjaga, biasakan untuk melatih pernapasan secara rutin, paling tidak selama 10 menit setiap pagi. Lalu, coba biasakan untuk berjalan kaki selama 10 menit juga, agar sistem imun dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Jika dilakukan secara rutin, kebiasaan ini dapat memicu lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam sel tubuh. Sehingga, seluruh organ tubuh kamu dapat bekerja lebih baik.

Tarik Napas Melalui Hidung

Menarik napas dari hidung bermanfaat untuk membersihkan udara yang masuk, sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai macam virus maupun penyakit. Berlatihlah menarik napas melalui hidung di pagi hari. Karena, kebiasaan ini tak hanya dapat menyehatkan saluran pernapasan saja, tapi dapat mencegah stres dan menenangkan pikiran.

Itu dia kelima tips menjaga kesehatan pernapasan ketika akan memasuki new normal di tengah pandemi. Selain menjaga kesehatan pernapasan, penting lho untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan agar sistem imun tubuh tak menurun dan daya tahan tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Terapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, perbanyak makan sayur dan buah, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan cairan tubuh, tidur selama 7-8 jam sehari, dan bantu dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C.

Multivitamin Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Kombinasi keduanya dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu, serta membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi bagi tubuh.  

 

Featured Image - goodhousekeeping.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!