Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Bahkan, kondisi pandemi ini belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Itulah sebabnya, World Health Organization (WHO) menyatakan kemungkinan besar Covid-19 akan menjadi penyakit endemik.

Dilansir dari Very Well Health, endemik merupakan penyakit yang kemungkinan besar selalu ada pada populasi atau wilayah tertentu.

Tapi, tak hanya Covid-19 saja yang sudah ditetapkan sebagai endemik. Tapi ada berbagai penyakit lainnya yang termasuk endemik. Berikut ini beberapa jenis penyakit endemik yang ada di dunia.

 

Credit: economictimes.com

Malaria

Malaria merupakan penyakit endemik yang ada di sebagian besar daerah Afrika dan Papua Nugini. Malaria disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari nyamuk ke manusia. Namun, penyakit ini tak dapat menular antar manusia.

Penyakit malaria umumnya terjadi di negara atau daerah yang beriklim panas dan dekat garis khatulistiwa. Biasanya, bagi traveler yang akan berkunjung ke daerah endemik malaria, mereka memerlukan obat atau vaksin pencegahan agar tidak tertular.

Hepatitis B

Hepatitis B juga sudah ditetapkan sebagai penyakit endemik di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis. Pasien yang sudah terinfeksi hepatitis B dapat berisiko mengalami gagal hati, kanker hati, maupun sirosis.

Penyakit ini dapat menular antar manusia. Tapi untungnya, vaksin untuk mencegah penularan sudah ditemukan.

Bagi wisatawan yang akan berpergian ke daerah endemik hepatitis B sebaiknya lakukan vaksinasi terlebih dahulu. Bahkan, vaksin ini merupakan bagian dari imunisasi standar pada anak- anak.

Credit: poz.com

Sifilis

Sifilis juga sudah ditetapkan sebagai penyakit endemik di seluruh dunia, khususnya Afrika. Kabar baiknya, perawatan yang efektif sudah berhasil mengurangi jumlah orang yang terjangkit penyakit sifilis.Penyakit ini diitandai dengan munculnya luka, yang biasanya di alat kelamin atau mulut.

Penyakit sifilis tak hanya dapat menular antar manusia, tapi penyakit ini juga dapat menular dari ibu hamil ke janinnya lho. Jika ditangani lebih awal, sifilis dapat disembuhkan dengan suntikan penisilin. Namun jika tidak, penyakit ini merusak jantung, otak, organ tubuh, hingga mengancam nyawa.

HIV

HIV atau human immunodeficiency virus merupakan penyakit endemik yang sering terjadi di wilayah Afrika, khususnya Afrika Barat. Penyakit HIV ini mengganggu sistem kekebalan sehingga kemmpuan tubuh untuk melawan infeksi atau penyakit dapat menurun. HIV dapat menular antar manusia, terutama melalui persalinan, menyusui, atau kontak seksual.

 

Featured Image - .swissavans.com

Source - kompas.com