Vitamin B12: Berbagai Manfaat Baik dan Cara Mendapatkannya

Vitamin B12: Berbagai Manfaat Baik dan Cara Mendapatkannya

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19 penting sekali untuk menjaga kesehatan agar imunitas tetap terjaga dan daya tahan tubuh tidak mudah menurun. Untuk menjaga imunitas, tubuh tidak hanya membutuhkan nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan mineral saja. Tapi, tubuh juga membutuhkan vitamin.

Salah satu jenis vitamin yang efektif untuk bantu menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin B kompleks. Vitamin ini sendiri terdiri dari 8 jenis, termasuk vitamin B12.

Vitamin B12 atau kobalamin merupakan jenis vitamin yang larut air, sehingga penting lho untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari. Namun, sudah tahukah kamu apa saja manfaat baik dari vitamin B12? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12: Berbagai Manfaat Baik dan Cara Mendapatkannya

Credit: heartofwellness.org

Memberi Energi

Manfaat vitamin B12 yang cukup penting adalah memberikan energi tambahan untuk tubuh. Energi memang penting untuk tubuh, terutama untuk kamu yang memiliki aktivitas padat. Dengan bantuan vitamin B12, karbohidrat dapat diubah jadi glukosa sehingga dapat memberikan sumber energi tambahan agar kamu tidak mudah lelah saat beraktivitas seharian.

Cegah Kekurangan Zat Besi

Jika kamu kekurangan zat besi bisa saja mengalami pendarahan, gangguan pada jantung dan paru- paru lho. Zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah, ketika tubuh kekurangan zat besi pembentukan hemoglobin akan terganggu dan akhirnya oksigen tidak dapat diedarkan ke selutuh tubuh dengan baik.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Rutin mengonsumsi makanan maupun multivitamin yang mengandung vitamin B12 dapat membantu menurunkan homosistein, yang merupakan asam amino untuk pembentukan protein. Namun, jika terlalu banyak homosistein dapat menyumbat pembuluh darah.

Dengan begitu, darah tidak dapat mengalir menuju jantung, jadi menggumpal, sehingga nantinya jantung tidak bisa bekerja dengan baik.

Mencegah Demensia

Demensia adalah penyakit yang dapat mengakibatkan menurunnya daya ingat dan cara berpikir. Hal ini dapat berdampak pada aktivitas sehari- hari, mulai dari gaya hidup sampai kemampuan dalam bersosialisasi

Nah, vitamin B12 dapat membantu mengurangi risiko terjadinya demensia. Salah satu penelitian menyatakan bahwa jika tubuh kekurangan asupan vitamin B12 maka dapat memperburuk memori.

Mencegah Osteoporosis

Orang yang kekurangan vitamin B12 memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah. Risiko kepadatan tulang yang rendah ini biasanya terjadi pada wanita.

Kepadatan tulang yang rendah, lama kelamaan dapat membuat tulang jadi rapih, sehingga lebih mudah terkena osteoporosis.

Bantu Kurangi Stres dan Gejala Depresi

Vitamin B12 dapat bantu atasi stres ringan dan gejala depresi. Vitamin B12 dapat membantu memproduksi hormon serotonin, yang berperan untuk membuat kamu merasa lebih bahagia dan menstabilkan emosi.

 

Sumber Terbaik Vitamin B12

Vitamin B12: Berbagai Manfaat Baik dan Cara Mendapatkannya

Credit: drweil.com

Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari berbagai sumber makanan seperti:

  • Ikan, seperti salmon, sarden dan tuna.
  • Daging sapi.
  • Daging ayam.
  • Telur.
  • Berbagai produk olahan susu.
  • Seafood, seperti kepiting dan kerang.
  • Yogurt.

Namun, terkadang memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan saja belum tentu cukup lho. Apalagi, jika cara mengolah makanannya salah dan vitamin yang terkandung di dalamnya jadi rusak. Jadi, kamu bisa mengonsumsi multivitamin untuk bantu memenuhinya ya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung 500mg vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, niasinamide, dan kalsium pantotenat.

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu dan meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi yang baik untuk tubuhmu.

Jadi, jika kamu rutin mengonsumsi multivitamin dua kali sehari, tubuh jadi segar dan lebih berenergi!

 

 

Featured Image - plantbasedjuniors.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!