Dunia kerja adalah dunia yang kompleks. Perlu banyak kemampuan untuk bertahan dengan baik di dunia kerja. Terlebih, jika kamu mau punya peningkatan. Baik dari sisi jabatan, gaji, dan tentunya kepercayaan diri. Apakah kamu tipe orang yang selalu percaya diri?

Mereka yang percaya diri, cenderung terus berhasil dengan apa yang mereka lakukan. Walau tidak sedikit yang gagal, tapi mereka selalu bangkit dan percaya dengan dirinya kalau hal tersebut pasti akan selesai dan bisa mereka capai.

 

 

Namun, tidak sedikit juga mereka yang terkadang suka tidak percaya diri. Ada tipe orang yang mesti disemangati terlebih dahulu untuk mengerjakan sesuatu karena ia bisa jadi tidak percaya diri dengan proses dan hasilnya nanti.

Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu? Jika iya, tidak apa-apa kok. Hal tersebut bisa kamu benahi dengan tiga cara yang ada di bawah ini. Untuk selengkapnya, kamu bisa simak terus bahasan di bawah ini sampai habis ya!

 

3 Cara Jitu Buat Kamu yang Kurang Pede!

credit image: rencanamu.id

 

Berani Bantu Orang Lain

Cara pertama atau latihan pertama yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu adalah berani membantu orang lain. Dilansir dari situs glints.com – Jeff Davis, seorang penulis serial TV Criminal Minds menyatakan kalau membantu orang lain bisa memberinya perasaan yang lebih baik.

Dengan membantu orang lain, kamu nantinya akan mendapatkan rasa bangga karena bisa menolong mereka. Hal ini tentu bisa membangun sikap dan pikiran kamu ketika menanggapi sesuatu. Jelas latihan seperti ini bisa membuat kamu mempunyai rasa percaya diri lagi.

 

Jadikan Kekhawatiran Sebagai Motivasi

Tidak mudah lho mengubah kekhawatiran jadi motivasi. Namun, langkah awal untuk memulainya adalah sadar jika kamu sebenarnya bisa melewati ketakutan tersebut. Di langkah ini, kamu akan tersadar kalau sebenarnya ketakutan kamu itu hanya hal yang menghambat.

Dari sini, kamu akan mendapatkan rasa percaya diri lagi. Memang keberanian yang nantinya akan menyadarkan kamu datang lebih lama daripada biasanya. Waktu adalah salah satu hal yang menjadi parameter untuk mengembalikan rasa percaya diri kamu lagi.

 

Ubah Kritik Jadi Semangat Perbaikan

Kritik memang pedas. Tapi pedasnya kritik bisa kamu akali dengan mengubahnya menjadi sebuah perbaikan. Memang orang lain akan selalu melihat kesalahan yang kamu punya dan kamu lakukan. Tidak apa-apa karena memang alaminya seperti itu.

Kamu tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu takut, yang bisa kamu lakukan adalah sadar jika kamu sebenarnya bisa melakukan hal-hal tersebut. Memperbaiki apa yang sudah kamu lakukan, keberanian itu akan muncul seiring rasa percaya diri kamu timbul lagi.

Tetap positif dan tidak terpengaruh oleh kritik-kritik yang menjatuhkan. Kamu bisa tunjukan kepada mereka kalau sebenarnya kamu bisa, kamu mampu, dan kamu bisa mencapai apa yang kamu mau. Pede deh, pasti kamu bisa!

 

 

Nah bagaimana? Dari tiga langkah di atas – yang jelas kamu mesti sadar dulu akan kemampuan mu kalau sebenarnya kamu bisa nih! Jangan ragu dan terus percaya diri ya!

 

Feature Image – semangat45.co