Saat ini, beberapa daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta, sedang protokol kesehatan.

Ketika kamu sudah kembali beraktivitas, penting sekali untuk mempersiapkan dan membawa berbagai kebutuhan, sebagai langkah perlindungan dari penularan Covid-19.

Berikut ini starter pack yang sebaiknya selalu kamu bawa selama beraktivitas di era new normal.

1. Tisu Basah

Credit: paprikaliving.com

Barang yang satu ini penting untuk membersihkan permukaan pada benda- benda di sekitar kamu. Sebelum menyentuh benda seperti laptop atau mouse komputer, bersihkan terlebih dahulu permukaannya dengan tisu basah yang mengandung alkohol.

2. Tisu Kering

Credit: hbr.org

Selain tisu basah, jangan lupa untuk selalu bawa tisu kering di dalam tas ya. Kamu dapat menggunaan tisu kering ketika ingin menyentuh area wajah, namun belum sempat cuci tangan terlebih dahulu. Disarankan untuk menggunakan tisu kering dengan tekstur lembut dan halus, agar tidak mengiritasi bagian kulit.

3. Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

Credit: finance.detik.com

Cairan pembersih tangan alias hand sanitizer juga tak boleh ketinggalan. Cairan ini dapat digunakan sebagai pengganti air dan sabun untuk membersihkan tangan, terutama setelah menggunakan toilet, setelah batuk atau bersin, menyentuh benda- benda yang belum tentu bersih, dan setelah melakukan kontak dengan orang sakit.

Ketika menggunakan hand sanitizer, sebaiknya pilih yang mengandung minimal 60 persen alkohol agar lebih efektif dalam membunuh kuman, bakteri, maupun virus yang menempel pada tangan.

4. Masker

Credit: economictimes.indiatimes.com

Saat beraktivitas, usahakan untuk selalu membawa masker cadangan di dalam tas setidaknya 2-3 masker yang bisa diganti. Jika kamu menggunakan masker kain, disarankan untuk tidak digunakan lebih dari 4 jam. Karena, bahan kain lebih mudah menyerap air ketimbang jenis masker lainnya.

5. Peralatan Pribadi

Credit: junglestraws.com

Agar lebih aman dari penularan Covid-19, sebaiknya bawa peralatan makan serta alat ibadah seperti sajadah, sarung, dan mukena sendiri, untuk mengurangi risiko penularan virus.

Selain itu, kamu sebaiknya bawa sabun cuci tangan pribadi yang sudah dipindahkan ke botol kecil. Cara ini dapat memudahkanmu untuk mencuci tangan di mana saja dan jadi ‘cadangan’ saat sabun cuci tangan di sekitarmu habis.

6. Camilan Sehat

Credit: melissachanel.com

Selain kelima benda di atas, agar kekebalan tubuhmu tetap terjaga selalu bawa camilan sehat seperti buah- buahan dan juga multivitamin di dalam tas. Selain untuk daya tahan tubuh, cara ini juga ampuh agar kamu tidak jajan atau makan sembarangan.

Itu dia keenam benda yang wajib kamu bawa ketika beraktivitas di era new normal ini agar tetap terhindar dari penularan virus. Jangan lupa, untuk siapkan benda- benda tersebut beberapa hari sebelum kamu mulai kembali beraktivitas. 

 

Featured Image - newsroom.ocfl.net

Source - cnnindonesia.com