Seiring dengan fase new normal yang sudah siap untuk dihadapi di berbagai negara di dunia ini, kira-kira kamu sudah siap untuk traveling dengan gaya baru belum nih? Beberapa negara di dunia ini sudah siap menyambut kamu, lho!

protokol kesehatan akan jadi hal yang diutamakan.

 

 

Nah, protokol kesehatan dan sederet peraturan terkait pencegahan penularan virus corona, mesti kamu taati dan terapkan agar tidak ada lagi yang terjangkit virus ini. Berikut kurang lebih sembilan negara yang siap membuka penerbangan internasional dan siap menerima kunjungan turis asing lagi.

 

Yunani

Setelah menerapkan lockdown yang cukup ketat, Yunani menyatakan sudah tidak ada lagi penambahan kasus baru terkait virus corona. Pada akhir April kemarin, Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis menyatakan kalau negaranya siap menyambut kembali para wisatawan pada 1 Juli mendatang.

Dilansir dari CNN Indonesia, kesiapan ini tidak terlepas dari berbagai aturan baru yang mesti ditaati oleh para pengunjung atau turis asing. Mulai dari mengisi formulir di bandara yang mencakup informasi pribadi dan nomor tempat duduk pesawat. Selain itu, para pengunjung juga akan diperiksa dengan ketat soal kesehatannya.

 

Islandia

Beda dengan yang ada di Yunani, di Islandia, para pengunjunga atau turis asing diwajibkan untuk menjalani karantina selama dua pekan dan mengikuti tes Covid-19. Serta mereka mesti menunjukan surat keterangan sehat dari lembaga kesehatan dari negara asal mereka.

Kemudian, Islandia sendiri akan menggunakan aplikasi pelacakan penularan penyakit yang sudah dikembangkan. Hal ini merupakan langkah pencegahan yang cukup ampuh untuk memberhentikan rantai penularan Covid-19.

 

Finlandia

Sudah ditutup dari sejak Maret kemarin, Finlandia sudah membuka kembali penerbangan internasional mereka dari bulan Mei lalu. Hal ini tentu terkait dengan angka penularan yang kecil di negara ini. Walau begitu, Finlandia akan menerapkan beberapa aturan baru terkait protokol kesehatan di fase new normal ini, lho.

 

Republik Siprus

Walau sempat memperpanjang pelarangan semua jalur penerbangan sampai bulan Mei kemarin, Republik Siprus sudah berencana untuk membuka kembali kegiatan aviasi pada bulan Juni ini. Namun, hal tersebut masih dalam perencanaan karena bergantung pada perkembangan situasi yang ada.

 

Inggris

Lockdown di Inggris dilonggarkan pada bulan Juni ini – hal ini juga terkait dengan pembukaan kembali jalur penerbangan internasional. Namun, jika ada warga negara asing yang datang ke sana, mereka diwajibkan untuk melakukan karantina selama 14 hari terlebih dahulu.

 

Dubai

Cukup berbeda daripada negara-negara sebelumnya, Dubai berencana baru akan membuka kembali lagi negaranya untuk penerbangan internasional pada bulan Juli mendatang. Namun, hal ini masih bisa berubah lagi karena bergantung analisa di lapangan dan kesiapan negara terkait pandemi Covid-19.

 

Italia

Sempat dikabarkan menjadi salah satu negara dengan dampak paling luar biasa dari pandemi Covid-19, Italia berencana untuk membuka lagi negaranya untuk wisatawan asing mulai dari bulan Juli atau Agustus mendatang. Perencanaan ini juga masih dalam tahap diskusi tergantung perkembangan di lapangan.

 

Spanyol

Spanyol adalah negara di Eropa yang cukup ketat memberlakukan lockdown selama pandemi. Namun pada awal Agustus mendatang, negara ini sudah berencana kembali lagi membuka penerbangan internasionalnya.

 

Turki

Walau tidak menyebutkan akan membuka lagi jalur penerbangan internasionalnya untuk wisatawan asing mengunjungi negara ini, Turki punya rencana untuk masih menutup negaranya sampai akhir Juli nanti. Tapi jika keadaan sudah aman, ada kemungkinan keputusan tersebut berubah.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari sembilan negara yang ada di atas – apakah ada negara yang jadi incaran kamu untuk traveling?

 

Feature Image – tribunnews.com