New Normal: Berikut 5 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

New Normal: Berikut 5 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

font size A Ǎ

Sistem imunitas sangat diperlukan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit. Apalagi, saat ini kita sedang menjalani hidup new normal di tengah pandemi Covid-19, sehingga sistem imun sangat dibutuhkan sebagai sistem perlindungan utama.

Selain orang dewasa, anak- anak juga wajib menjaga daya tahan tubuhnya. Anak- anak cenderung lebih rentan sakit, karena sistem imunitasnya masih belum terbentuk dengan sempurna.

Tapi, kamu ngga usah khawatir ya! Sistem imunitas tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan kok. Berikut ini langkah- langkah yang bisa kamu terapkan.

New Normal: Berikut 5 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Credit: parenting.orami.co.id

Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang mudah dan ampuh untuk meningkatkan imunitas. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh, menyehatkan jantung, serta memaksimalkan pertumbuhan tulang anak. Jadi, sudah pasti aktivitas ini dapat menyehatkan tubuh ya.

Kamu bisa mengajak anak berolahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Dan jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin yang dilakukan paling tidak seminggu 4-5 kali.

ASI Ekslusif

Memberikan ASI eksklusif juga termasuk cara untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, terutama pada bayi dan balita. Karena, ASI mengandung komponen yang dapat meningkatkan antibodi dan sel darah putih.

Tapi, jika belum mampu memberikan ASI eksklusif sepenuhnya pada anak karena berbagai faktor, tidak apa- apa kok. Kamu bisa mengombinasikan ASI dengan susu formula.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menangkal serangan virus yang berbahaya. Ini berarti dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Kamu bisa memilih buah dan sayur kaya akan vitamin C yang sudah terbukti dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan virus.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengajak anak rutin mengonsumsi sayur dan buah dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung maupun kanker saat ia dewasa nanti.

New Normal: Berikut 5 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Credit: lifestyle.okezone.com

Rutin Mencuci Tangan

Secara tidak langsung, rutin cuci tangan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Cuci tangan merupakan langkah tepat untuk mencegah kerusakan pada sistem imunitas si kecil.

Ajari anak mencuci tangan dengan air dan sabun, sebelum dan sesudah makan, setelah bermain, setelah menggunakan toiler, serta setelah melakukan berbagai kegiatan yang memungkinkan mereka terkena bakteri.

Selain itu, kamu bisa mengajari anak untuk menggunakan hand sanitizer atau tisu basah jika tidak ada tempat cuci tangan yang memadai.

Tidur yang Cukup

Tak hanya orang dewasa, tapi anak- anak yang kurang tidur juga dapat lebih mudah sakit. Ini karena kurang tidur dapat mengurangi jumlah sel penangkal penyakit di dalam tubuh.

Menurut peneliti Kathi Kemper, M.D. dari Pusat Pendidikan dan Penelitian Pediatrik Holistik di Boston, normalnya untuk bagi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur selama 18 jam sehari, balita selama 12-13 jam, dan anak prasekolah butuh tidur selama 10 jam setiap malamnya.

Hal ini penting diterapkan agar anak bisa kembali berenergi dan membantu meningkatkan sistem imunitasnya.

Jauhkan dari Asap Polusi

Polusi kendaraan maupun asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk anak- anak. Asap polusi ini dapat menginfeksi organ pernapasan anak, jadi mereka lebih rentan terkena penyakit seperti asma tau bronchitis.

Jadi, ketika berpergian bersama anak, pakaian ia masker untuk mengurangi paparan polusi udara serta melindunginya dari Covid-19.

Berikan Multivitamin

Selain dari makanan seperti buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, kamu dapat berikan multivitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Berikan anak Enervon-C Plus Sirup yang mengandung vitamin lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12) Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide dan Panthenol.

Tak hanya efektif untuk meningkatkan imunitas anak, Enervon-C Plus Sirup juga dapat membantu ia tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Nah, itulah 7 cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh si kecil. Jangan lupa untuk selalu menerapkan tips- tips di atas ya, karena saat menghadapi new normal di tengah pandemi, sistem imunitas tubuh yang baik adalah kunci utamanya!

 

Featured Image - parenting.orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!