Memakai sepatu memang seringkali membuat kakimu menjadi lecet, terutama ketika memakai sepatu baru. Hal ini, akan menyebabkan rasa tidak nyaman, perih, sakit, terkadang timbul rasa panas, bahkan sampai berdarah.

Untuk mencegah lecet pada kaki ketika memakai sepatu baru, kamu bisa mengikuti tips- tips ini.

1. Pastikan memilih sepatu yang sesuai ukuran, bentuk, dan aktivitas

Crediy: Jawa Pos

Seiring bertambahnya umur, berat badan, dan juga jaringan yang ada pada sendi dapat menyebabkan ukuran kakimu dapat berubah menjadi lebih lebar atau meregang. Untuk mengatasi lecet saat memakai sepatu baru, sebaiknya pastikan ukuran kaki kamu terlebih dahulu sebelum membeli sepatu terutama saat membelinya lewat toko online.

Agar mendapatkan ukuran kaki yang lebih akurat, kamu bisa coba mengukurnya di siang hari ketika kamu sudah banyak bergerak. Aliran darah yang lebih banyak mengalir ke tubuh bagian bawah membuat kaki kamu membesar. Dan ketika kamu beli sepatu di waktu ini, kemungkinan besar sepatumu tidak akan kesempitan atau terasa sesak.

Selain itu, sebaiknya hindari memilih sepatu hanya karena model yang bagus saja, kamu harus menyesuaikannya dengan ukuran, bentuk kaki dan juga kegiatanmu.

2. Sepatu baru jangan langsung dipakai

Credit: Highlight.id

Langsung memakai sepatu baru setelah membelinya dapat membuat kaki gampang lecet, karena kamu harus menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan ukuran sepatu tersebut.

Setelah membeli sepatu, sebaiknya sumpal bagian dalam sepatu dengan kaus kaki tebal atau handuk kecil yang tebal agar sepatu bisa lebih longgar. Diamkan selama beberapa hari. Kemudian, pastikan sepatu tersebut sudah lebih nyaman ketika dipakai sehingga kakimu tidak jadi lecet nantinya.

3. Pakai antiperspirant untuk kaki

Credit: Hipwee

Kaki sering kali berkeringat. Semakin sibuk aktivitas harian, semakin berkeringat kakimu. Keringat bisa membuat kaki lecet karena terjadi gesekan antara kulit kaki dengan bahan bagian dalam sepatu.

Untuk mencegah kaki berkeringat dan akhirnya lecet, semprotkan antiperspirant pada telapak kaki dan angin-anginkan dulu sampai kering sebelum pakai sepatu.

4. Tempelkan plester luka pada kaki 

Credit: Jawa Pos

Jika kamu perlu segera untuk memakai sepatu baru, tempelkan plester luka atau blister patch pada area kaki yang rentan bermasalah.

Cara memakainya yaitu dengan memakai sepatu terlebih dahulu selama 30 menit. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bagian mana saja yang terasa sakit dan bisa lecet. Kemudian, buka kembali sepatu dan pakaikan plester luka pada area kaki tersebut untuk membantali gesekan langsung antara sepatu dengan kulit kaki.

Dan apabila sisi kaki kamu yang paling rentan lecet, sebaiknya gunakan kaus kaki tipis yang hanya menutupi sisi kaki.

 

Featured Image - Hello Sehat