Zinc: Ketahui 8 Manfaatnya Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

Zinc: Ketahui 8 Manfaatnya Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

font size A Ǎ

Selama masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan adalah hal utama yang wajib dilakukan semua orang. Jika kesehatan sudah terjaga, maka sistem imunitas tubuh pun akan tetap dalam kondisi prima sehingga kita tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Menjaga kesehatan pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan penuh gizi, berjemur di pagi hari untuk meningkatkan sistem imun tubuh, hingga menjaga kebersihan dengan rutin cuci tangan.

Selain itu, ada lagi lho cara yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Salah satu mineral yang wajib dipenuhi adalah zinc.

Apa saja manfaat baik yang bisa diperoleh dari zinc? Dilansir dari healthline dan medicalnewstoday, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

Zinc: Ketahui 8 Manfaatnya Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

Credit: sehatq.com

Bantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Zinc merupakan mineral penting yang ikut berperan dalam produksi sel- sel kekebalan tubuh. Jika tubuhmu kekurangan zinc maka respons imun dapat ikut melemah. Zinc dapat merangsang sel kekebalan tertentu dan mampu mengurangi stres oksidatif.

Selain itu, zinc juga dapat mengurangi risiko infeksi serta meningkatkan respons imun tubuh pada orang yang lebih tua secara signifikan.

Membantu Penyembuhan Luka

Selain meningkatkan imunintas tubuh, zinc juga dapat menyembuhkan luka secara lebih cepat. Zinc sendiri berperan dalam sintesis kolagen, kekebalan tubuh, serta respon peradangan.

Sebuah studi menyebutkan bahwa kulit memiliki jumlah yang cukup tinggi yaitu sekitar 5 persen dari kandungan zinc. Jadi, jika tubuh kekurangan zinc dan kamu mengalami luka, mineral tersebut dapat membantu proses penyembuhannya.

Mengurangi Peradangan

Zinc juga dapat membantu mengurangi peradangan lho. Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis. Faktor inilah yang biasanya menyebabkan timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penurunan mental.

Nah, salah satu manfaat zinc adalah mengurangi stres oksidatif yang juga dapat menurunkan kadar protein inflamasi dalam tubuh.

Meningkatkan Kemampuan Memori

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Toronto University, zinc memiliki peran penting dalam mengatur bagaimana kadar neuron berkomunikasi satu sama lain, hal ini lah yang dapat mempengaruhi bagaimana ingatan terbentuk dan membantu meningkatkan kemampuan memori seseorang.

Mengurangi Risiko Penyakit

Salah satu manfaat zinc adalah mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia, misalnya pneumonia infeksi atau degenerasi macula. Zinc dapat menghilangkan stres oksidatif dan meningkatkan respon kekebalan, dengan begitu tubuh dapat terlindungi dari infeksi.

Selain itu, zinc juga dapat meningkatkan sel- sel pembunuh alami, mengurangi risiko radang paru- paru, serta meningkatkan kinerja mental.

Zinc: Ketahui 8 Manfaatnya Untuk Tubuh dan Sumber Terbaiknya

Credit: unlockfood.ca

Memenuhi Asupan Zinc Setiap Hari

Kebutuhan zinc dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan seperti daging sapi, kerang, tiram, kepiting, udang, telur, kentang, susu dan produk olahannya, kangkung, kacang hijau, serta biji- bijian utuh.

Namun, untuk kamu yang sibuk dan lebih menyukai hal yang praktis, kamu bisa memenuhi kebutuhan zinc harianmu dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niasinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Berbagai vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu, serta mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat beraktivitas.

Tapi, apakah mengonsumsi multivitamin Enervon Active setiap hari aman dilakukan? Aman kok! Karena kandungannya yang termasuk dalam jenis vitamin larut air, jadi mudah diserap tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan akan di keluarkan melalui urin.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu ya berbagai manfaat baik dari zinc? Berdasarkan ulasan di atas, mineral yang satu ini memang sangat dibutuhkan tubuh, jadi jangan lupa untuk selalu penuhi asupan zinc ya!

 

Featured Image - timesofindia.indiatimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!