Selama pandemi Covid-19, hampir semua orang berlomba- lomba untuk menjaga imunitas tubuh. Tak hanya agar terhindar dari virus corona itu sendiri, tapi agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit lainnya, salah satunya pilek.

Pilek merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan yang paling umum dialami orang dewasa maupun anak- anak. Pilek mudah menular dari orang ke orang melalui droplets yang keluar ketika bersin, batuk, atau berbicara.

Salah satu tempat yang rentan untuk menularkan berbagai virus penyakit adalah pilek. Inilah sebabnya orang yang berada dalam satu ruangan kerja dengan penderita flu bisa dengan mudah tertular.

Di masa sekarang ini, kesehatan merupakan hal yang paling penting dan wajib dijaga. Karena jika kamu sakit, sistem imunitas tubuh akan menurun, dan ini dapat membuatmu lebih rentan terserang virus lainnya, termasuk Covid-19.

Nah, agar kamu tidak mudah terserang pilek di kantor sekaligus untuk menghentikan penyebaran kuman, ada berbagai tips yang dapat dilakukan. Berikut ulasannya.

 

Credit: universalwellnesssource.com

Minum yang Banyak

Kamu tidak akan pernah tahu kuman apa saja yang akan terekspos ke dalam tubuh ketika berada di kantor. Jadi, perbanyak minum air putih untuk membantu proses detoksifikasi, mengurangi lendir dalam hidung, dan meredakan hidung tersumbat.

Selain itu, banyak minum air putih juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan pilek atau flu.

Tidur yang Cukup

Usahakan untuk memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya. Tubuh membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur untuk merangsang respons kekebalan tubuh. Jadi, tidur merupakan kegiatan yang bisa diandalkan untuk melawan infeksi.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga kamu tidak mudah terpapar virus flu maupun Covid-19.

Terapkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan penuh gizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin C, hingga rutin berolahraga.

Selain itu, kamu bisa lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin sepertiVitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niasinamide, Kalsium Pantotenat.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu, serta mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas.

Credit: cnnindonesia.com

Kurangi Kontak Fisik

Selain menyebar melalui udara, virus juga dapat menempel pada anggota tubuh penderita pilek seperti tangan dan dapat ditularkan pada orang lain ketika bersalaman.

Untuk itu, hindari melakukan kontak fisik seperti berpelukan, cium pipi, atau bahkan berjabat tangan dengan orang yang menunjukkan gejala atau sedang sakit pilek. Dan usahakan menjaga jarak dengan yang sedang sakit ya.

Virus flu dapat menular dengan cepat, bahkan kebanyakan orang tertular hanya dalam satu atau dua hari setelah terpapar virus flu dari orang lain.

Rutin Cuci Tangan

Rutin mencuci tangan dapat melindungimu dari paparan berbagai jenis virus, termasuk pilek dan juga Covid-19. Cuci tangan secara rutin dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik. Pastikan pula untuk menggosok seluruh permukaan tangan dan kuku.

Namun, jika kamu sedang tidak memungkinkan untuk cuci tangan, gunakan hand sanitizer agar tak memicu pertumbuhan kuman.

Hindari Menyentuh Wajah

Seringkali kamu menyentuh wajah seperti mengucek mata tanpa disadari, padahal tanganmu belum tentu bersih. Selain dapat menimbulkan iritasi pada bagian mata, kebiasaan ini juga dapat jadi perantaka masuknya kuman ke dalam tubuh.

Selain mata, jalur utama virus masuk ke tubuh yaitu hidung dan mulut. Jadi, usahakan untuk menghindari kebiasaan seperti menyentuh mata, meletakkan jari di hidung, mengigit kuku, atau makan tanpa cuci tangan.

Jangan Hirup Napas Orang yang Sedang Flu

Virus flu bisa dapat bertahan di udara sekitar satu jam. Jika orang di dekatmu bersin, segera menjauh dan usahakan menahan napas hingga kamu berada di jarak aman. Lalu, setelah 6-8 langkah, kembalilah bernapas seperti biasa.

Hal tersebut setidaknya dapat mencegahmu menghirup udara yang baru saja terkontaminasi.

Credit: oneflare.com.au

Bersihkan Meja Kerja

Bersihkan secara berkala barang- barang yang sering kamu sentuh, seperti permukaan meja kerja, keyboard, telepon, dan barang lainnya. Benda- benda yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat tinggal berbagai macam virus termasuk flu, hingga 48 jam lamanya.

Selain itu, hindari sembarangan menyentuh benda di tempat umum misalnya pegangan tangga atau gagang pintu.

Gunakan Barang Pribadi

Hindari menggunakan barang secara bergantian untuk mencegah berpindahnya kuman atau virus ke dalam tubuhmu. Biasakan untuk membawa pena atau tempat makan dan minum sendiri. Bagi perempuan, hindari pula mencoba atau bergantian menggunakan kosmetik.

Itulah 9 cara untuk mencegahmu agar tidak mudah terserang pilek di kantor, terutama selama fase new normal ini. Jadi, pastikan kamu selalu menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah tubuh terpapar virus penyebab penyakit.

 

Featured Image - bizjournals.com

Source - cnnindonesia.com