Berikut 5 Rahasia Orang Sukses Dalam Mengelola Finansial. Wajib Diketahui!

Berikut 5 Rahasia Orang Sukses Dalam Mengelola Finansial. Wajib Diketahui!

font size A Ǎ

Dibalik sebuah kesuksesan secara dunia, tentu ada cara-cara cerdik dalam mengatur keuangan. Apakah kamu tidak penasaran bagaimana cara Jack Ma mengatur keuangannya? Kita juga penasaran, sih. Tapi di bahasan kali ini, kita tidak akan mengulas bagaimana petinggi Alibaba Group itu mengatur keuangannya.

Namun setidaknya di bahasan kali ini, ada lima cara cerdik yang bisa kamu terapkan dalam pengaturan finansial. Apalagi di kondisi new normal seperti ini – banyak yang mesti dirubah, termasuk cara hidup kamu dan pengaturan keuangannya.

 

 

Lalu bagaimana cara cerdiknya? Daripada kamu penasaran dan malah menebak-nebak sendiri, sekarang – sila simak bahasan kali ini sampai habis ya. Jika sudah kamu ketahui semua, jangan lupa untuk kamu terapkan agar finansial kamu semakin kokoh, nih!

 

5 Cara Cerdik dan Rahasia Orang Sukses

Dalam Mengatur Keuangan atau Finansialnya

Berikut 5 Rahasia Orang Sukses Dalam Mengelola Finansial. Wajib Diketahui!

credit image: thebalance.com

 

Selalu Punya Rencana Untuk Masa Depan

Dalam mengatur keuangan atau finansial dasar, cara pertama yang bisa kamu perhatikan dan kamu terapkan adalah selalu punya rencana untuk masa depan. Hal ini mengacu kepada hidup kamu yang tidak hanya berlangsung hari ini saja, kan – tapi juga waktu yang akan datang.

Oleh karena itu, dengan pemasukan atau income yang ada sekarang, bisa kamu atur untuk menabung, digunakan untuk operasional (biaya hidup, makan, dan lainnya), sampai mencoba investasi. Terlepas dari hal tersebut, ada hal-hal mendasar yang juga mesti kamu terapkan, yaitu mencoba untuk tidak terus-terusan menuruti keinginan.

 

Punya Pengeluaran di Bawah Penghasilan

Mengacu kepada sebuah prinsip dasar yang sudah disebutkan di atas sebelumnya: mencoba untuk tidak selalu menuruti keinginan – kamu bisa mulai menerapkan prinsip tersebut dari mempunyai pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan yang kamu dapat.

Bagaimana caranya kamu bisa mempunyai pengeluaran tidak lebih besar daripada penghasilan? Sederhana, kamu tahu mana yang prioritas, mana yang tidak. Jika memang statusnya tidak prioritas tapi kamu ingin, katakana maaf kepada dirimu sendiri karena mesti disiplin untuk mengeluarkan uang hanya untuk hal yang masuk ke dalam status prioritas saja.

Lalu, bagaimana kalau kepengin sekali hal tersebut, misalnya nonton konser? Kamu bisa penuhi keinginan kamu itu dengan menggunakan dana hasil dari usaha lain di luar penghasilan reguler. Jadi, penghasilan reguler kamu tidak terganggu dengan keinginan tersier itu, ya.

 

Investasi Bikin Finansial Kamu Bertumbuh

Kalau kamu hanya mengandalkan penghasilan reguler saja dan mengulang langkah-langkah pertama dan kedua, mungkin kamu aman tapi tidak bertumbuh lebih baik. Agar bisa bertumbuh jadi lebih baik, kamu bisa melakukan investasi. Investasi bentuknya macam-macam, kamu bisa mulai dari hal yang paling sederhana saja.

Investasi saham, logam mulia, atau bahkan properti membutuhkan ilmu tersendiri untuk mengelolanya. Oleh karena itu, investasi yang paling sederhana adalah memberikan diri kamu kesempatan untuk belajar ilmu-ilmu investasi yang lebih kompleks.

Dari sini, kamu nantinya akan mempunyai bekal ilmu dan pengetahuan untuk mencoba investasi yang sifatnya lebih kompleks seperti properti dan saham.

 

Andalkan Teknologi, Pakai Aplikasi Pengatur Finansial

Sekarang ini, dengan ponsel pintar yang kamu miliki – kamu bisa kok mengandalkan teknologi untuk membantu pengaturan finansial. Di internet, atau di platform-platform umum sudah menyediakan banyak aplikasi pengaturan finansial yang bisa kamu unduh dari ponsel pintar.

Dari aplikasi pengaturan finansial tersebut – kamu tentu bisa belajar banyak hal bagaimana kamu mesti mengatur penghasilan reguler. Ini mengacu kepada prinsip sederhana sebelumnya: menahan keinginan yang tidak prioritas.

 

Belanja Sedikit, Jika Dikumpulkan Jadi Gunung

Mungkin peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit tidak hanya berlaku jika kamu menabung saja, lho. Ini juga berlaku jika kamu mengeluarkan uang sedikit- sedikit, tapi dengan frekuensi yang sering, jumlah yang sedikit-sedikit itu jika dikumpulkan malah jadi besar!

Oleh karena itu, perhatikan pengeluaran kamu yang kecil-kecil seperti beli mie instan, atau beli permen atau beli hal lainnya – jika frekuensinya sering – kamu mesti memeriksa keuangan kamu apakah masih aman atau tidak. Jika tidak, pastikan kamu tahan keinginan kamu sejenak ya.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima cara cerdik di atas – apakah kamu sudah paham dan siap untuk menerapkannya?

 

Feature Image – telusinternational.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!