Baik Untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Ketahui Berbagai Manfaat Vitamin A dan Sumber Terbaiknya

Baik Untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Ketahui Berbagai Manfaat Vitamin A dan Sumber Terbaiknya

Tidak hanya orang dewasa saja yang perlu memenuhi kebutuhan vitamin tubuh, tapi anak- anak juga wajib. Vitamin dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, serta menjaga imunitas tubuhnya apalagi selama pandemi Covid-19.

Ada berbagai macam vitamin yang perlu dipenuhi, salah satunya adalah vitamin A. Kamu pasti sering sekali mendengar bahwa vitamin A itu baik untuk kesehatan mata. Tapi, tidak hanya itu saja lho. Ada banyak manfaat baik dari vitamin A lainnya untuk pertumbuhan si kecil.

Apa saja manfaat tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Baik Untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Ketahui Berbagai Manfaat Vitamin A dan Sumber Terbaiknya

Credit: alodokter.com

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sama seperti vitamin C, ternyata vitamin A juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Ini karena vitamin A mengandung antioksidan yang dapat membuat tubuh anak jadi lebih kebal terhadap berbagai virus atau penyakit.

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa mengombinasikan asupan vitamin A dengan vitamin C dan juga vitamin B kompleks ya.

Menjaga Kesehatan Mata

Nah manfaat yang ini pasti sudah tidak asing lagi ya. Vitamin A memang baik untuk menjaga kesehatan mata, karena vitamin ini merupakan salah satu komponen yang menyusun pigmen pada mata.

Memenuhi kebutuhan vitamin A penting sekali, apalagi saat ini anak- anak sering menggunakan gadget. Paparan sinar biru pada gadget dapat membuat mata menjadi sakit dan akhirnya anak jadi membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan mereka.

Mengoptimalkan Pertumbuhan Sel Tubuh

Vitamin A dapat membantu dan mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan sel- sel tubuh, terutama organ penting seperti jantung, paru- paru, hati, dan lain sebagainya.

Memperbaiki Tulang, Otot, dan Jaringan yang Rusak

Anak- anak belum memiliki keseimbangan tubuh yang sempurna, sehingga mereka lebih rentan jatuh dan terluka. Agar lukanya tidak terlalu parah, penuhi kebutuhan vitamin A si kecil.

Vitamin A dapat membantu memperbaiki tulang, otot, serta jaringan yang rusak. Selain itu, vitamin A juga dapat memulihkan luka lebih cepat.

Menyehatkan Sel Kulit

Vitamin A juga memiliki fungsi untuk menyehatkan sel- sel kulit si kecil. Vitamin A dapat membantu meregenerasi sel kulit mati dan diganti dengan yang baru. Dengan begitu, kulit si kecil dapat terlihat lebih sehat.

Baik Untuk Daya Tahan Tubuh Anak, Ketahui Berbagai Manfaat Vitamin A dan Sumber Terbaiknya

Credit: openfit.com

Berbagai Sumber Vitamin A

Vitamin A dapat diperoleh dari sumber makanan seperti:

  • Wortel.
  • Sayuran berwarna jingga, hijau gelap, dan merah tua. Misalnya, pokcoy, kale, bayam, seledri, selada, labu dan paprika merah.
  • Buah- buahan berwarna kuning dan jingga. Misalnya, pepaya, jeruk bali, mangga, melon, aprikot, dan plum.
  • Susu dan keju.
  • Telur.
  • Makanan laut. Misalnya, salmon, tuna, makarel, hering, dan minyak ikan kod.

Selain dari sumber makanan, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin A anak dengan memberikannya multivitamin Enervon-C Plus Syrup.

Enervon-C Plus Syrup memiliki kandungan lengkap yang terdiri dari Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12) Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut dapat membantu si kecil tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuhnya agar ia tak mudah sakit.

Nah, itulah sejumlah manfaat vitamin A untuk si kecil dan berbagai sumber terbaiknya. Dari manfaat- manfaat tersebut, memenuhi kebutuhan vitamin A pada anak memang penting ya agar tumbuh kembangnya semakin optimal sekaligus menjaga kesehatannya!

 

Featured Image - anhinternational.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!