Tumpukan pekerjaan di kantor yang seakan tidak ada habisnya, seringkali membuat kamu kewalahan. Akibatnya, kamu jadi sering lupa, susah berkonsentrasi atau suka hilang fokus di tengah aktivitas yang sedang dijalani.

Susah konsentrasi atau hilang fokus akibat kewalahan di kantor bisa membuat produktivitas kamu menurun. Selain itu, kamu juga akan membutukan waktu yang lebih lama untuk menyerap suatu informasi.

Susah konsentrasi atau hilang fokus biasanya disebabkan oleh rasa stress yang membuat otak jadi cenderung memilih untuk memikirkan masalah- masalah yang ada, ketimbang mencari solusinya. Kemudian, kamu pun jadi merasa malas untuk berpikir lebih keras untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Untuk mengatasi susah konsentrasi di kantor, kamu bisa mengikut tips berikut ini.

1. Buat meja kantor senyaman mungkin

Credit: Vemine

Cobalah untuk menghias meja kantor kamu dengan hal- hal yang membuatmu bahagia dan termotivasi. Kamu bisa memasang foto pasangan atau keluarga, menempelkan kata- kata inspiratif, atau menaruh beberapa tanaman kecil di meja maupun di sekitar ruangan.

Suasana meja kantor yang nyaman bisa membuat kamu lebih berkonsentrasi dan fokus ketika bekerja. Selain itu, dengan adanya tanaman segar yang ditaruh di dekat meja atau di sekitar ruangan kamu juga bisa membantu mengurangi stres.

2. Pastikan Anda cukup tidur

Credit: Jawa Pos

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama kepada kamu sering susah konsentrasi di kantor. Selain makan dan minum, tubuhmu juga membutuhkan tidur yang cukup agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sehari- hari.

Supaya kamu mendapatkan tidur yang berkualitas, buatlah kamar tidur menjadi nyaman. Pastikan bahwa suhu ruang kamarmu ideal, cat temboknya tidak terlalu mencolok, hingga bebas dari suara bising. Selain itu, tidurlah dengan lampu gelap dan hindari meletakkan gadget di samping tempat tidur atau di bawah bantal.

3. Rutin melakukan peregangan di kantor

Credit: Top Media

Setelah beberapa jam menatap kayar komputer, sebaiknya kamu luangkan waktu sebentar untuk melakukan peregangan agar mata dan otot- otot menjadi rileks. Hal ini juga efektif membantu mengatasi susah konsentrasi di kantor.

Kamu bisa menggerak- gerakan kaki, bahu, kepala, dan tangan agar sirkulasi darah di area tersebut menjadi lebih lancar. Dan jika memungkinkan, lakukan jalan santai di luar kantor untuk menghirup udara segar.

4. Asah otak Anda setiap hari

Credit: Hipwee

Menjaga kesehatan otak sejak dini dapat membantu mengatasi masalah susah konsentrasi di kantor. Coba asah kemampuan berpikir kamu dengan hobi baru seperti mengisi teka-teki silang, main catur, menulis, dan lain sebagainya.

Intinya, rutin melakukan berbagai hal yang mengharuskan kamu berpikir lebih keras untuk mencari jalan keluar bisa membantu mengasah otak supaya pikiran tetap tajam.

 

Featured Image - Cosmopolitan