6 Panduan Buat Komuter Agar Terindar Dari Paparan Covid-19 Selama New Normal

6 Panduan Buat Komuter Agar Terindar Dari Paparan Covid-19 Selama New Normal

font size A Ǎ

Memasuki fase new normal yang sekarang sudah bergulir ini, banyak fasilitas umum yang sudah mulai di buka. Sebut saja seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, dan yang tidak terlewat adalah transportasi publik. Namun, protokol kesehatan tetap jadi acuan untuk kamu yang menjalaninya.

Di antara kamu, apakah ada yang melakukan rutinitas seperti pergi ke kantor atau bekerja dengan menggunakan kendaraan umum? Jika iya, kamu mesti menyimak bahasan kali ini sampai habis karena di bawah ini, akan ada panduan untuk kamu yang menggunakan transportasi publik.

Dilansir dari situs CNN Indonesia, fase new normal tidak diartikan sebagai akhir dari pandemi. Pandemi ini belum berakhir. Namun karena ada keperluan untuk menggerakan lagi roda perekonomian yang ada, tentu kamu mesti keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ada hal yang tidak kalah penting dengan protokol kesehatan yang mesti kamu terapkan, yaitu punya sistem imun dan daya tahan tubuh yang baik agar kamu terhindar dari paparan virus berbahaya tersebut. Mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal.

 

 

Terlepas dari hal di atas – buat kamu yang masih menggunakan transportasi publik, atau kendaraan umum, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengeluarkan setidaknya ada 6 panduan untuk menggunakan kendaraan umum.

Panduan ini melingkupi beberapa rekomendasi bagaimana kamu, para pekerja – bisa tetap aman saat berpergian ataupun pergi bekerja. Penasaran apa saja dan bagaimana panduan tersebut? Daripada penasaran, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

6 Panduan Untuk Kamu yang Masih

Menggunakan Transportasi Publik Untuk Rutinitas

6 Panduan Buat Komuter Agar Terindar Dari Paparan Covid-19 Selama New Normal

credit image: mediaindonesia.com

 

Selalu Mengetahui Jadwalnya

Tidak bus, kereta, pesawat terbang, atau bahkan kapal laut – berbagai jenis transportasi umum atau kendaraan umum tentu mempunyai jadwal tersendiri untuk beroperasi. Nah, langkah pertama atau panduan pertama yang bisa kamu ketahui adalah selalu perbaharui pengetahuan kamu terkait jadwal operasinya.

Jika kamu selalu up to date soal jadwal operasi transportasi publiknya, sewaktu-waktu kamu memerlukan bantuan khusus, kamu sudah mengetahui jadwal operasinya sehingga diharapkan bisa bantu kamu dengan cepat. Pastikan hal tersebut terkait juga dengan prosedur transportasi yang ada.

 

Lebih Baik Menghindari Sentuh Apapun

Transportasi publik atau kendaraan umum pastinya untuk semua orang. Nah di fase new normal seperti ini, tentu banyak orang yang sudah menggunakan kendaraan umum untuk mengantarkan ke rutinitasnya. Sebagai langkah pencegahan, pastikan sementara ini kamu tidak banyak menyentuh apapun di kendaraan umum.

Seperti memegang gagang pintu, gagang pegangan, tempat duduk dan lainnya. Usahakan jika memang terpaksa memegang apapun itu, kamu cuci tangan pakai sabun atau setidaknya gunakan hand sanitizer dan keringkan menggunakan tisu lalu buang pada tempatnya.

Bahkan, untuk sistem pembayaran, usahakan kamu membayar tanpa sentuhan. Artinya tidak menggunakan uang fisik melainkan uang virtual yang bisa kamu gunakan dari aplikasi terkait transportasi publik tersebut.

 

Selalu Physical Distancing

Selain tidak menyentuh apapun, kamu juga mesti usahakan agar selalu bisa physical distancing. Jaga jarak fisik kamu dengan yang lain minimal 1 meter. Terkait dengan langkah pertama, jika kamu sudah tahu jadwal operasinya, tentu kamu tahu jam atau waktu mana yang kendaraan tersebut banyak orang.

Kamu bisa hindari jam atau waktu sibuk tersebut. Sehingga kamu bisa jaga jarak fisik yang aman antar penumpang lainnya di jam yang tidak sibuk.

 

Cuci Tangan Berkala

Sesuai dengan kebutuhan, cuci tangan merupakan salah satu poin penting dalam protokol kesehatan. Oleh karena itu, jika memang di transportasi publik tersebut menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan, tidak ada salahnya jika kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

 

Meningkatkan Ventilasi

Saat kamu berada di dalam kendaraan, coba untuk membuka jendela, atau setidaknya kamu bisa mengatur ventilasi udara atau pendingin ruangan dengan memilih mode non-resirkulasi.

 

Bersihkan Tempat Duduk Kamu

Sebelum duduk di kendaraan umum, ada baiknya kamu membersihkan permukaan yang akan kamu duduki. Bisa menggunakan cairan disinfektan, atau kamu bisa lap permukaan tersebut dengan menggunakan tisu basah beralkohol.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari enam panduan di atas yang sudah dijelaskan – sudah paham dan bisa kamu terapkan ya. Ini semua untuk kesehatan kamu dan yang lainnya!

 

Feature Image – mediaindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!